Tidak Bisa Tidur Karena Perut Kembung

05:03

 Cara Mengatasi Tidak Bisa Kentut


(Sumber foto: Pixabay)

Entah trauma pasca fase monster mengerikan di bulan Mei atau hanya kebetulan, perut jadi gampang eror walau kadang nggak makan aneh-aneh. Tiap kali eror, sering bikin parno, karena seringnya perut bagian bawah yang sakit. Jadi kepikiran adenomiosis, takut kambuh. Nggak enaknya overthinking ya begini, ada kejadian apa gitu sering ngendap, bikin parnoan.


Beberapa hari yang lalu, terbangun pada pukul satu malam karena panggilan alam: buang air kecil. Anehnya perut bagian bawah terasa sakit, kayak habis nahan kebelet buang air kecil lama, padahal sebelum tidur udah. Bangun tengah malamnya pun sesuai jam biologis, tapi emang baru selesai fase monster. Kalau sesuai hitungan, harusnya udah masuk fase angel ini badan. Selesai buang air kecil, balik tidur lagi, tapi nggak bisa karena rasa tak nyaman di perut makin mengganggu karena sakitnya makin terasa.


Langkah pertama adalah membaluri perut dengan minyak kayu putih dan memijatnya dengan lembut. Udah lewat beberapa menit, belum juga mereda dan belum bisa buang angin, bahkan semakin menjadi. Akhirnya nyalain hape buat nanya Google tentang cara bisa kentut. Sebenarnya yang paling manjur adalah minum teh jahe hangat, tapi karena pukul satu malam dan dapur posisinya di luar, dapur terbuka jadi enggan buat bikin. Terlebih khawatir bikin orang rumah yang lagi lelap-lelapnya bobok terganggu. Jadilah nanya Google.


Ada beberapa artikel yang menarik, skip bagian penyebab langsung ke cara biar bisa kentut, karena sebagian besar caranya adalah sama, hanya membaca di web Siloam Hospitals, Alodokter, dan Hallo Sehat. Cara pertama udah: balur perut dengan minyak kayu putih dan pijat pelan. Karena tidak ada hasil, cari cara lain.

Cara berikutnya adalah menungging. Ini dari kecil udah diajari kalau kembung, nggak bisa kentut suruh nungging. Lama nungging, nggak kunjung bisa kentut.


Ganti lagi ngukutin saran dari web Siloam Hospitals buat lakuin gerakan yoga yang namanya child pose. Gambarnya kayak gini ya. Susah jelasinnya, heuheuheu. Udah pakek cara ini pun belum bisa kentut. Akhirnya ganti tidur miring ke kanan dan belum ada hasil. Mau nangis rasanya.


(Sumber foto: Pixabay)

Ganti lagi posisi sesuai anjuran artikel di web Alodokter. Baring telentang, kaki diangkat ke atas dengan posisi merapat, lalu tekuk kaki di atas perut di bawah dada dan peluk, tarik kepala sampai lutut dan tahan selama 20 hitungan atau lebih. Demi apa malam-malam kayak senam lantai, tapi belum ada  hasilnya, tetep nggak bisa kentut. Ganti posisi sujud pun masih sama, nggak bisa mengurangi rasa sakit.


Ganti mengikut arahan pada artikel di web Hallo Sehat. Berganti melakukan gerakan yoga yang bernama happy baby pose, kayak gini posisinya ya. Tetep bae ndak bisa kentut, perut masih sakit dan nggak nyaman. Posenya bisa dicek di Pose yoga happy baby.


Berusaha tidur dengan mengabaikan rasa sakit, nggak bisa. Akhirnya bangun untuk jalan jinjit selama beberapa putaran dalam kamar. Mulai sendawa, lanjut terus sampai sendawa berulang-ulang dan rasa sakit di perut berkurang. Alhamdulillah berkurang banyak dan kemudian bisa kembali terlelap. Paginya minum air putih hangat. Ternyata jahe di rumah habis, untung pas sakit nggak nekat ke dapur. Pas bangun perut udah nggak sakit dan alhamdulillah ritual panggilan alam di pagi hari lancar.


Cara termanjur ketika perut kembung dan nggak bisa kentut versi saya tetep minum teh jahe hangat. Bisa tawar, bisa ditambah madu yang nggak suka tawar. Nggak tahu penyebabnya apa karena sebelum kejadian itu puasa dan berbuka dengan menu rumahan yang nggak neko-neko. Bisa jadi fase monsternya belum berakhir. Sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Gomawo matur tengkyu.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews