Review Film Korea - Dr. Cheon and The Lost Talisman (2023)

05:38

 Dr. Cheon and The Lost Talisman



Usaha seorang dukun untuk menemukan jimat yang hilang demi menyegel penyihir jahat yang hendak menguasai kota Seoul.


• Judul:

  - Global: Dr. Cheon and The Lost Talisman

  - Romanisasi: Cheonbaksa Twema Yeongooso: Seolkyungui Bimil

  - Hangul: 천박사 퇴마 연구소: 설경의 비밀

• Sutradara: Kim Sung Sik

• Penulis: Huretsha (webcomic), Kim Hong Tae (webcomic)

• Produser: Kim Hyun Sik, Oh Hyeong Kyun

• Sinematografer: Yang Hyun Seok

• Tanggal rilis: 27 September 2023

• Durasi: 98 menit

• Distributor: CJ Entertainment

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Catatan: Bedasarkan webcomic dengan judul "Bingui" yang ditulis oleh Huretsha dan ilustrator Kim Hong Tae yang terbit pada 12 Agustus 2014 sampai 30 Desember 2014 di Naver

• Pemeran:

  - Gang Dong Won

  - Heo Jun Ho

  - Esom

  - Lee Dong Hwi

  - Kim Jong Soo


Dr. Cheon (Gang Dong Won) mengelola jasa pengusiran setan bersama Kang In Bae (Lee Dong Hwi). Video mereka terkenal di Youtube dan mendatangkan banyak klien. Metode Dr. Cheon adalah menanamkan sugesti positif pada pikiran manusia dan ia tidak bisa melihat hantu, karenanya ia melakukan ritual palsu.  Dibantu teknologi In Bae, pengusiran itu terkesan asli.


Suatu malam, seorang klien perempuan menerobos masuk ke kantor mereka. In Bae menerima tamu itu dengan baik, namun Dr. Cheon menolaknya. Yoo Kyung (Esom) mengeluarkan bergepok-gepok uang hingga membuat Dr. Cheon tergiur dan mau membantu untuk menyembuhkan adik Yoo Kyung yang kesurupan.



Kalau proyeknya Gang Dong Won tuh rasanya sayang kalau dilewatkan. Proyek terakhir yang saya tonton adalah Broker, adu akting sama Mbak IU. Waktu potongan video dari film Dr. Cheon and The Lost Talisman rame di Instagram, jadi penasaran dan akhirnya nonton.


Gang Dong Won memerankan karakter Dr. Cheon, seorang praktisi yang menggeluti usaha pengusiran setan. Doi ini cucu dari Kepala Dukun ternama, tapi tidak memiliki kemampuan spiritual sama sekali. Lha?? Trus kok bisa buka praktek ngusir setan?? Dr. Cheon dibesarkan oleh seorang Kepala Dukun yang terbiasa dengan ritual dan mewarisi segala peralatan ritual, menggunakan itu semua Dr. Cheon mendirikan jasa pengusiran setan palsu.



Dalam menjalankan bisnisnya, Dr. Cheon dibantu seorang teknisi bernama Kang In Bae yang diperankan Lee Dong Hwi. Berkat alat-alat canggih yang dimiliki In Bae, ritual pengusiran terkesan asli.



Jadi penipu dong itu Dr. Cheon?? Awalnya juga nebak gitu, ternyata nggak. Bener Dr. Cheon nggak punya kemampuan spiritual, tapi pengamatan dan analsis logikanya keren. Menurut Dr. Cheon, masalah bisa jadi bukan karena hantu, tapi karena psikis atau pemikiran manusia itu sendiri. Jadi Dr. Cheon menggunakan hasil pengamatan tentang klien lalu membuat kesimpulan secara logis hingga membuat klien memiliki permikiran yang positif dan masalah beres.


Dr. Cheon nggak nipu, tapi kadang tangannya agak jahil jadi suka ngambil benda unik yang kemudian dijual ke pemilik toko barang antik, Tuan Hwang yang diperankan Kim Jong Soo. Tuan Hwang meminta Dr. Cheon berhenti jadi dukun abal-abal istilahnya, tapi tak ada lain hal yang bisa dikerjakan Dr. Cheon. Ketika Tuan Hwang keceplosan tentang cucu Kepala Dukun Klan Cheon, Dr. Cheon tersinggung dan memilih pergi.



Saat In Bae serius dengan pekerjaannya, gadis bernama Yoo Kyung yang diperankan Esom muncul di kantor. In Bae menyambut baik, karena doi tertarik pada Yoo Kyung, tapi Dr. Cheon menolak dengan alasan sudah banyak pesanan, padahal aslinya sepi pelanggan. Jual mahal dikit biar dapet klien kaya, kata dia. Saat In Bae berusaha membujuk Dr. Cheon, Yoo Kyung menerobos masuk dan menyerahkan uang bergepok-gepok asal Dr. Cheon mau membantunya. Melihat tumpukan uang, Dr. Cheon langsung berubah pikiran dan mau membantu Yoo Kyung untuk menyembuhkan adiknya yang kesurupan. Petualangan baru pun dimulai, mengunjungi kota tempat Yoo Kyung tinggal.



Adegan pembuka udah bisa ditebak kalau Dr. Cheon aslinya nipu doang, tapi tetep menarik, karena bantuan teknologi yang dikuasai In Bae, ritual jadi terlihat nyata. Cameonya juga nggak nanggung, langsung muncul di adegan pembuka. Ada Mbak Sembi Cantik dari All Of Us Are Dead (Cho Yi Hyun), jadi anak orang kaya yang dikira kesurupan.



Ada artis senior Lee Jung Eun yang sekarang dramanya lagi ongoing dan ramai dibicarakan Miss Night and Day dan Bos Nyebelin di drama Money Heist (Park Myoung Hoon). Beliau berdua ini jadi orang tuanya Mbak Sembi Cantik yang diduga kerasukan setan makanya jadi liar.



Dari adegan pembuka juga udah bisa ditebak kalau ceritanya tentang misi yang belum terselesaikan karena ada spoiler. Walau begitu tetep bikin penasaran, apakah Dr. Cheon si anak yang diikat dalam gua. Teka-teki mulai terbuka dan perlahan puzzle nya terkumpul sejak Dr. Cheon setuju membantu dan mengikuti Yoo Kyung ke kotanya demi menyembuhkan sang adik yang kesurupan. Sebelum masuk terowongan yang akan membawa ke kota tempat Yoo Kyung tinggal, disambut penampakan wanita yang berdiri di tengah jalan. Yoo Kyung bisa melihatnya dan demi menghindari hantu wanita, mobilnya sampet oleng. In Bae yang mengikuti di belakang mengira Yoo Kyung ngantuk saat berkendara. Adegan ini bikin keinget drama From Now On Showtime. Ini versi lebih dark.


Setelah melewati terowongan, suasana kota tempat Yoo Kyung tinggal beneran ngeri, suram, kabut di mana-mana. Dibilang kota, tapi terpencil dan penduduknya nggak banyak, kayak desa. Saat mobil melaju di sepanjang jalan, pada beberapa rumah sedang mengadakan upacara pemakaman, ada banyak kematian. Suasananya kayak di drama Dark Hole, kota nya pun mirip, tapi di film ini versi lebih suram dan misterius. Orang-orangnya juga pada redup, kehidupan tanpa sinar matahari, suram.



Makin masuk dan sampai di rumah Yoo Kyung, In Bae semakin meragu, terlebih setelah Yoo Kyung memperlihatkan adiknya yang diikat di balik sebuah ruang sempit. In Bae makin ragu dan takut, tapi Dr. Cheon nggak mau mundur, terus berniat menyelamatkan adik Yoo Kyung. In Bae pun menurut dan mempersiapkan ritual. Saat persiapan itu lah Yoo Kyung mengaku kalau dia bisa lihat hantu dan 'memuji' hantu di kanal Youtube In Bae tidak terlalu menyeramkan. Adik Yoo Kyung diperankan Park So Yi. Dedek napa dah demen banget main film horor? Di Hotel Lake juga kan ya? Dan di drama Revenant.



Dr. Cheon mendekati adik Yoo Kyung (Park So Yi) dan mengajaknya ngobrol, berniat menenangkan. Dr. Cheon menunjukkan jika pedang yang ia bawa adalah pedang palsu, ia berbisik agar hal itu menjadi rahasia mereka. Lalu, Dr. Cheon menunjukkan gelang benang merah dengan lonceng yang mengikat tangannya sambil berkata jika lonceng itu tidak pernah berbunyi dan semua baik-baik saja. Anehnya, ketika Dr. Cheon mengangkat tangan dan mendekatkan lonceng itu ke adik Yoo Kyung, loncengnya berbunyi. Menyadari hal tak wajar terjadi--lonceng berbunyi hanya jika ada roh jahat--Dr. Cheon panik dan adik Yoo Kyung kembali kesurupan, melepaskan diri dari tali dan menyerang Dr. Cheon. In Bae tak sengaja terkena senjata setrum milik Yoo Kyung dan pingsan, sedang keadaan di sekitarnya mulai kacau. Beruntung Dr. Cheon membawa pedang asli dan berkat bantuan 'pengelihatan' Yoo Kyung bisa mengusir roh jahat yang merasuki tubuh adik Yoo Kyung.



Dari momen pengusiran roh jahat tersebut, keberadaan penyihir jahat yang selama ini diburu Dr. Cheon terungkap. Di sini karakter antagonisnya diperankan  Heo Jun Ho. Salah satu ajushi favorit walau sering dapat peran antagonis. Terakhir nonton proyek beliau film Escape from Mogadishu kalau tidak salah ingat. Eh, drama Why Her? deh kayaknya.



Sebelum nonton sempet nebak, apakah Dr. Cheon ini versi modernnya dari Jeon Woo Chi yang juga diperankan oleh Gang Dong Won, ternyata beda. Di film ini Gang Dong Won memerankan karakter cucu dukun yang melawan penyihir jahat. Walau tokoh protagonisnya dukun dan antagonisnya penyihir, film ini ada selipan komedinya. Komedi tipis-tipis bikin yang nonton senyum.


Bercerita tentang misi--dan dendam--lama belum kelar, film ini menarik untuk ditonton. Banyak teka-teki dan misteri yang satu per satu diungkap. Cerita apik, akting para pemeran tidak diragukan lagi keokeannya, visualisasi bener-bener memanjakan mata. Suasana kota bak kota mati dengan kabut tebal, suasana dalam gua, mayat-mayat, dan proses penyegelan yang bikin takjub. Si penyihir jahat banget, setiap ritual dia makek jari-jari manusia dan pada dibunuhin itu. Makanya pas Dr. Cheon ama In Bae pertama dateng banyak upacara kematian di rumah-rumah warga, itu pada dibunuhin buat dijadiin tumbal.


Nggak hanya bunuhin warga, yang masih hidup pun dijadikan boneka sama si Penyihir buat melawan Dr. Cheon. Jadi satu kota itu di bawah kendali si dukun. Dia dikurung di kota itu dan berniat menguasai Korea jika bebas dan bisa ke Seoul. Keajaiban mata Yoo Kyung adalah ancaman buatnya, makanya dia buru Yoo Kyung buat 'ambil' mata Yoo Kyung sebagai cendera mata--lebih tepatnya buat nyari separuh jimat yang nyegel dia buat dimusnahkan. Penyihir ini pengikutnya juga banyak, pada kaya pula. Jadi keinget film sekte-sekte gitu.



Di total cameonya ada lima, selain tiga yang udah saya sebut di atas ada Park Jeong Min yang profesinya jadi dukun dan udah terkenal banget. Dukunnya kalau di sini tuh istilahnya pakek perewangan gitu kali ya, jadi dia didampingi roh suci gitu nah kalau ada klien datang berobat, rohnya makek raga si dukun. Tapi doi ini real dukun, nggak nipu. Cuman emang agak ngeselin karakternya walau hanya muncul sekejap mata.



Satu cameo yang bikin heboh adalah penampilan Mbak Jicu jadi roh suci yang mendampingi dukun (Park Jeong Min).



Karena penyihir punya banyak pengikut, jadi pasti ada adegan ngeselin karena ulah mereka, bikin emosi yang nonton. Tegangnya dapet, terlebih waktu Penyihir mengerahkan warga kota untuk mengejar Yoo Kyung dan Dr. Cheon. Seru banget pas scene kejar-kejaran. Ada adegan baku hantam yang bikin kagum dan bikin ngebatin mungkin semua dukun emang dibekali ilmu bela diri karena kadang kalau melakukan ritual pengusiran setan nggak jarang harus gelut.


Cakep dan menghibur, teka-teki nggak terlalu berat, film ini saya rekomendasikan untuk ditonton. Adegan sadisnya disensor kok, jadi aman. Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.


Sumber informasi: AsianWiki.

Sumber poster: Asianwiki & Hancinema.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews