Merawat Diri Sesuai Kebutuhan Dan Kemampuan Bagian #3 - Bodycare

06:24

 My Bodycare Routine


(Sumber foto: Pixabay)


Setelah bahas tentang skincare, lanjut bahas tentang bodycare. Tetep ya, disesuaikan ama kebutuhan dan kemampuan. Hehehe.

Merawat diri memang tidak hanya mengacu pada wajah saja, tapi seluruh tubuh. Perawatan dasar tubuh ya rutin mandi tiap hari. Trus sesekali boleh lah ditambah dengan mengelupas kulit mati biar ndak menutupi kulit dan kulit jadi lebih sehat. Apa sih istilahnya, eksfoliasi juga? Kan sama-sama mengangkat sel kulit mati dari tubuh.

Di tulisan sebelumnya saya udah membagi cerita kalau banyak yang salah paham, mengira kulit saya putih karena perawatan ke dokter kulit. Sekali lagi, nggak ya. Ke dokter kulit beneran buat berobat penyakit kulit bawaan orok. Nah, karena ada penyakit bawaan orok ini pula plus kulit saya juga sensitif, jadi ya sebisa mungkin dirawat dengan baik. Aset seumur hidup juga, jadi harus bener-bener dijaga kan.

Tahapan bodycare routine kurang lebih sama kayak skincare routine. Tapi jujur saya nggak begitu mengikuti anjuran bodycare routine karena saya nggak pakek serum untuk badan. Sebenernya untuk bodycare routine itu ada 5 tahap dengan poin ketiga adalah menggunakan body serum secara teratur. Tahap ini saya nggak. Boleh dibilang belum, karena ya pengen juga cobain. Hehehe.

(Sumber foto: Pixabay)


1. Membersihkan tubuh secara rutin


Langkah pertama untuk perawatan tubuh adalah mandi. Mandi nggak hanya memberi manfaat untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Mau mandi air hangat atau air dingin sama-sama memberi manfaat untuk kulit. Tujuan mandi adalah untuk membersihkan tubuh, membersihkan kulit. Mandi dengan menggunakan sabun atau body wash adalah salah satu cara untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Mau pakek sabun cair atau sabun biasa boleh. Sesuaikan aja dengan jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk sabun saya pakai sabun batangan, dulu pakai Lux, sekaramg pakai Harmony. Saya suka aroma buahnya yang segar, trus ke kulit bikin lembut juga. Paling suka aroma jeruk, kadang juga anggur atau stroberi. Asal jangan melon aja. Hehehe.

Kalau untuk sabun cair saya suka Lux yang pink soft rose. Tapi jarang banget pakai sabun cair, apalagi kalau di rumah, pakai sabun batangan terus.


2. Eksfoliasi


Ritual ini tidak harus setiap hari dilakukan. Bisa 2-3 kali saja dalam seminggu. Sekarang banyak produk body scrub yang bisa digunakan untuk proses eksfoliasi. Tahap ini saya lakukan tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan produk Viva Lulur Mandi Bengkuang. Alhamdulillah cocok ke kulit saya. Nggak hanya memberi rasa halus dan bersih, tapi juga memberi efek cerah pada kulit. Produk lulur ini juga bisa digunakan di daerah lipatan seperti ketiak--saya dapat informasinya dari salah satu beauty vlogger di Youtube.

Selain lulur, ada produk penghilang daki yang bisa juga jadi pilihan yaitu Hanasui Body Spa Peeling Gel Original. Produk ini lumayan efektif untuk menghilangkan daki dan membuat kulit terasa lembut. Banyak pilihan aroma, saya biasa pakek yang lemon. Aromanya menenangkan. Produk ini juga bisa digunakan 2-3 kali seminggu.


3. Melembapkan kulit dengan losion


Seperti yang saya tulis di atas, sebenarnya langkah ketiga dari bodycare routine adalah menggunakan body serum, tapi karena saya belum pernah coba jadi langsung ke tahap melembapkan kulit. Kelembapan kulit akan berkurang setelah kita mandi, akibatnya kulit jadi terasa kering. Agar kulit kembali lembap dan terhidrasi, langkah selanjutnya adalah menggunakan losion untuk badan atau body lotion. Pemakaian body lotion adalah untuk menjaga kelembapan kulit.

Untuk losion saya biasa pakai produk Marina Healthy & Glow Body Lotion (warna biru). Dari dulu kalau produk body lotion selalu pakai Marina. Enak di kulit, bikin lembut dan lembap, trus udah ada perlindungan dari sinar UV yang memberi efek kurang bagus buat kulit, plus suka banget ama wanginya. Sehabis mandi selalu pakai hand body, jadi pakai di pagi dan sore hari. Biasanya kalau mau keluar saya aplikasikan ulang, walau pakai jaket, tetep harus aplikasikan ulang hand & body lotion-nya.

Belakangan pakai Vaseline Healthy Bright--karena dapat gratisan, hehehe-ternyata enak juga di kulit. Bikin kulit lembut dan lembap, trus aromanya juga soft banget. Trus, ternyata kapan hari yang saya beli di Shopee adalah body serum dari Vaseline, tapi belum cobain. Waktu pos di story WhatsApp ada beberapa yang reply dan bilang bagus. Semoga aja di saya nanti juga cocok. Aamiin.

(Sumber foto: Pixabay)


Saat ini hanya tiga tahap itu yang selalu saya lakukan. Kalau bodycare routine yang disarankan, step kelima adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen. Sama seperti tahapan skincare ya. Tapi, saya belum pernah mempraktikkan tahap ini. Mungkin nanti bisa jadi tambahan buat bodycare routine.

Tambahan untuk merawat bibir, saya menggunakan Vaseline Lip Therapy Original. Sebenernya banyak variannya, ada 10 kalau nggak salah, tapi saya milih yang original aja. Bisa dipakek pagi dan malam hari. Bikin bibir lembut dan tetap terhidrasi, jadi nggak berasa kering gitu. Sebelumnya pakai lip gloss, tapi malah berujung kering di bibir. Akhirnya cobain Vaseline Lip Therapy Original, eh kok enak di bibir. Lanjut pakai deh. Hehehe.

Kalau musim kemarau gini kan kulit juga rentan jadi lebih kering trus di bagian kaki sering pecah-pecah. Jadi saya rutin pakai Viva Skin Food Cream Extra Care. Kalau dipakai rutin, bisa mengatasi kulit kasar di area siku dan lutut, plus pecah-pecah di telapak kaki.

Hmm, apalagi ya? Kalau untuk rambut sih rutin keramas aja. Hehehe. Kalau masker rambutnya pakai tanaman aloe vera/lidah buaya. Jadi daun lidah buaya diambil bagian tengahnya lalu diaplikasiksn ke kulit kepala dan rambut. Ngomong-ngomong soal produk aloe vera, walau nggak cocok di muka saya ada pakai produk aloe vera gel dari Viva yaitu Viva White Soothing Aloe Vera Gel. Dipakek di kulit sehabis aktivitas di luar ruangan, panas-panasan gitu bisa bikin kulit tenang, adem dan lembap. Manfaat lain dari aloe vera gel bisa dibaca di sini. Karena kulit saya sering iritasi, aloe vera gel ini bisa meredakan dan menyembuhkan iritasi. Muka nggak cocok, tapi di kulit cocok. Alhamdulillah. Kadang juga saya pakai untuk merapikan rambut kribo saya yang sering mbegar kayak rambut singa. Hehehe.

Begitulah rutinitas merawat diri sesuai kebutuhan dan kemampuan yang selalu saya lakukan. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews