Kejutan Sebelum Lebaran, Paket Barang Hampir Ilang!

05:21

 Cara Mengatasi Paket Yang Hampir Hilang Di Ekspedisi


(Sumber foto: Pixabay)


Alhamdulillah! Rasa lega membuncah setelah mas kurir datang untuk mengantarkan paket semalam. Setelah melalui proses panjang, akhirnya paket barang yang sempat nyelip entah ke mana sampai juga dengan aman.

Mungkin udah nggak asing lagi cerita tentang paket hilang atau tidak sampai ke tangan pemesan, karena udah banyak yang membagikannya di sosial media. Sering baca baik itu di Facebook atau di Twitter. Setiap kali baca, selalu bersyukur karena selama belanja online belum pernah menemukan kendala sama sekali soal pengiriman barang. Alhamdulillah barang selalu sampai dengan selamat, aman, tanpa kekurangan apa pun. Ekspedisi apa pun yang dipakai, alhamdulillah selalu nggak ada masalah.

Ndilalah kersane Gusti Allah, Ramadan tahun ini dikasih kejutan. Disuruh belajar hal baru sama Gusti Allah.


Alhamdulillah Ramadan banyak yang pesen dupe parfume K-Pop idol by Fullsun Delight. Bahkan ada yang langsung kirim ke alamat pembeli, langsung sampai dengan aman. Tanggal 10 April 2023 kembali membuat pesanan karena ada yang order parfum Jeno NCT sama Jisoo Blackpink. Tanggal 11 April 2023, dapat notifikasi kalau barang udah dikirim.

Oya, tidak ada maksud menjelekkan ekspedisi yang bersangkutan ya, tidak! Saya hanya membagi pengalaman, kali aja ntar ada yang mengalami hal yang sama trus ketemu tulisan ini jadi bisa membantu. Ekspedisinya keren kok! Gercep, alhamdulillah barang ketemu dan sampai ke tangan saya.

Tanggal 12 April 2023, pukul 12.31 dapat notifikasi kalau barang sedang dalam perjalanan ke alamat tujuan. Oya, untuk ekspedisinya pakai Shopee Express Hemat, layanan yang langsung tersedia dari Shopee untuk toko. Menunggu dengan sabar, karena biasanya walau udah malem tetep dikirim.

Sehari sebelumnya ada pesanan juga yang datang dengan ekspedisi yang sama dan ini agak bikin saya kecewa karena tahu-tahu ada notifikasi dari Shopee kalau barang sudah sampai. Pemberitahuan masuk pada pukul 20.52, posisi kami di rumah masih pada melek, tapi tidak ada dengar ada orang ketuk pintu. Rumah kami tidak ada pagar dan depan langsung jalan raya utama. Untungnya belum tidur pas dapat notifikasi, jadi bisa langsung ambil paketnya. Kalau semalaman di luar, trus ada yang usil ambil paketnya kan berabe. Mana pesanan orang. Heuheuheu.

Karena sampai pukul sembilan malam tidak ada konfirmasi paket, saya mikirnya mungkin besok. Bisa jadi seperti sebelumnya, udah lewat jam kerja jadi dilanjut besok. Saya sempet cek teras, khawatir mamas kurir nggak ketuk pintu dan taruh paket di teras seperti malam sebelumnya. Setelah cek dan tidak ada paket, balik ke kamar dan bersiap tidur.

Pada pukul 22.28, ada notifikasi dari Shopee. Karena masih terjaga, langsung liat notifikasinya. Agak kaget. Pesanan telah dikonfirmasi diterima oleh yang bersangkutan, penerima Ayu. Lha?? Kapan nerimanya?? Setelah liat bukti pengiriman, kaget lagi. Foto bukti bukan foto rumah saya, walau diambil di wilayah saya. Masih mikir positif; mungkin besok dianter paketnya.


Sebelumnya pernah ada kejadian kayak gitu, udah melebihi jam kerja jadi paket dikirim besoknya, tapi udah dilaporkan udah diterima yang bersangkutan. Saya lupa ekspedisinya apa dan mamas kurirnya chat via WhatsApp ngasih tahu kalau udah melebihi jam kerja dan paket dilaporkan udah sampai, selanjutnya besok akan diantar. Beneran besoknya pagi-pagi masnya nganter paketnya. Karena pernah ngalamin, jadi mikirnya mungkin kayak gitu juga walau nggak ada konfirmasi dari kurir.

Tanggal 13 April 2023 sampai pada pukul 11.56 paket belum datang. Mulai parno. Gimana kalau paketnya ilang seperti yang sering saya baca di sosmed? Untuk mencegah kemungkinan terburuk, saya mulai cari informasi gimana caranya komplain. Pertama saya kirim chat di salah satu grup kepenulisan. Kenapa milih grup ini? Penulis identik ama jual beli buku, jadi mungkin aja ada yang pernah ngalamin kayak saya; barang udah dilaporin sampai dan diterima yang bersangkutan, tapi barang belum sampai.

Alhamdulillah banyak yang merespon. Ada yang paketnya dititipin tetangga, lalu besoknya diberikan ke yang bersangkutan dan ada yang senasib kayak saya, tapi barang berujung hilang. Teman yang share nggak menyebutkan ekspedisinya apa, hanya saja kasusnya serupa dan karena dia posisi seller, dia nggak bisa komplain, katanya. Merugi, pasti! Baca ceritanya, makin parno. Gimana kalau nasib saya sama kayak gitu. Heuheuheu. Temen saya menyarankan untuk menunggu sampai malam. Baiklah. Berusaha menepis keparnoan dan menunggu sampai malam.

Selain nanya di grup menulis, nanya juga ke salah satu saudara tentang bagaimana cara komplain di Shopee. Asli kalau udah parno tuh kayak nggak bisa berpikir jernih, padahal udah disediain kan di aplikasi layanan untuk pengajuan keluhan. Setelah chat saudara, langsung cek dan iya ada. Heuheuheu.


Hari berubah gelap, udah nggak bisa bersabar lagi buat nunggu 24 jam. Akhirnya pada pukul 18.42 saya membuat pengajuan keluhan ke Shopee melalui aplikasi, menyertakan bukti pengiriman. Lebih cepat lebih baik. Semisal malam itu datang sebelum keluhan direspon ya alhamdulillah. Oya, sebelumnya saya juga menambah masa garansi dari Shopee.


Pukul 19.02 langsung dapat respon dari Shopee seperti di gambar berikut. Sama seperti saran di grup menulis ya intinya, sapa tahu dititipin ke tetangga. Tapi, dari bukti pengiriman yang diunggah pada pukul 22.28 kan kayaknya nggak mungkin ngirim paket jam segitu. Kampung juga udah sepi. Semisal dititipin tetangga, harusnya yang dititipin yang difoto kan plus namanya jangan ditulis Ayu, tapi nama penerima. Tetangga saya juga kalau ada titipan pasti langsung diberikan, nggak pernah ditahan sampai lama. Sekali pernah paket dititipin ke tetangga karena kami sekeluarga sedang nggak ada di rumah. Pas kami udah dateng langsung dikasih paketnya.


Langsung memberi balasan, menjelaskan lebih lanjut kronologi setelah dapat notifikasi barang sampai. Pihak Shopee pun cepat memberi respon dan meminta untuk menunggu dalam waktu 4 hari kerja. Udah agak tenang, laporan udah ditanggapi dengan cepat.


Keesokan harinya masih kepikiran dan lagi-lagi untuk antisipasi kemungkinan terburuk, mulai mencari alamat tempat barang terakhir berada sesuai keterangan di Shopee. Syukur-syukur kalau ketemu nomor contact person-nya. Udah kepikiran misal belum ada kejelasan juga, ke kantor tempat barang terakhir ada ya nggak papa. Ketemu nomor telepon sama nomor WhasApp. Langsung kirim pesan via WhatsApp pada tanggal 14 April 2023 pukul 08.45. Tersampaikan, centang dua, tapi tidak ada respon sampai saya membuat tulisan ini. Entah itu beneran nomor CP-nya atau bukan, tapi karena di Google Maps tertera itu, jadi saya coba hubungi.

Karena tidak ada respon di WhatsApp, siang harinya saya coba telepon ke nomor satunya, tapi tidak bisa dihubungi dan disarankan untuk menghubungi pusat. Masih sabar menunggu balasan di WhatsApp dan udah kepikiran nggak papa dah ke lokasi kalau memang harus ke sana buat melacak paket saya ada di mana.

Di hari yang sama, pada pukul 16.24 ada nomor baru mengirimi pesan, bertanya apakah saya sudah menerima paket apa belum. Langsung saya jawab, belum. Lalu, ditanya apa saya di rumah. Saya jawab, iya. Sekaligus mengirimkan bukti pengiriman yang tidak sesuai dengan rumah saya. Kemudian diminta menunggu lagi. Adanya pesan tersebut membuat saya jadi lebih tenang walau masih kepikiran.


Pukul 18.41 ada nomor baru lagi, kirim pesan lagi. Isinya nanya apa benar dengan Mbak Ayu dan nanya harga paket berapa. Setelah menjawab iya, langsung saya kirim screenshot rincian harga paket dari Shopee. Sempat mikir, kok nomornya beda ya dari yang WA awal. Trus kepikiran lagi, kan tiap kantor ada bagian masing-masing, macem bagian penerimaan atau gudang. Baiklah, mari menunggu. Semoga besok sudah beres. Udah ada titik terang dan terus berharap paket tidak hilang.


Selepas tarawih, sekitar pukul 19.45 ada yang ketuk pintu lalu bilang, Paket! Langsung gercep lari ke depan dan nerima paketnya. Setelah dilihat infonya, alhamdulillah. Paket yang saya cari-cari akhirnya tiba dengan selamat. Langsung buka dan cek isi, alhamdulillah semua aman. Setelah foto dan konfirmasi ke seller, barang plus bonusnya ada semua. Aman! Legaaa. Apa yang jadi pikiran dari tanggal 12, akhirnya selesai juga.


Sempet galau. Kalau paket nggak sampek, bisa saja mengajukan pengembalian dana ke Shopee kan, tapi kepikiran seller. Udah barangnya hilang, nggak dapat duit. Mana seller-nya baik banget. Heuheuheu. Kalau saya klik pesan diterima, saya pun merugi karena keluar duit tapi barang nggak dapet. Alhamdulillah Tim Shopee gerak cepat dan sebelum batas waktu yang ditentukan paket sudah sampai.

Pada pukul 20.47, nomor yang sebelumnya menghubungi saya terkait paket kembali mengirim pesan untuk bertanya apakah paket sudah saya terima. Alhamdulillah, sudah.


Saya ucapkan terima kasih kepada Tim Shopee dan Tim Shopee Express yang gerak cepat merespon dan membantu menyelesaikan keluhan saya. Terima kasih mamas kurir yang semalem udah nganterin paket saya. Makasih juga buat saudara dan teman-teman yang udah jawab pertanyaan dan bantu saya. Setelah sharing sama temen yang paketnya pernah hilang, katanya pernah lho ada mamas kurir yang ngirim paket pada pukul sebelas malam. Daebak! Makasih buat semua kurir yang amanah membantu kami. Semoga Tuhan membalas kebaikan njenengan semua. Aamiin. Makasih juga Fullsun Delight yang udah dengan sabar menanti dan memberi support serta bantuan doa agar proses pengajuan keluhan berjalan lancar.

Kalau mengalami seperti apa yang saya alami, jika sampai keesokan harinya barang belum juga sampai, baiknya segera menghubungi pihak Shopee agar segera dihubungkan dengan pihak terkait/ekspedisi yang bertanggung jawab atas paket kita. Usahakan jangan panik! Kumpulkan semua informasi penting untuk menghindari kemungkinan terburuk. Jangan lupa hubungi seller terkait masalah paket.

Yang tanya kronologinya gimana kok paket sempet nggak terkirim padahal udah dilaporkan diterima yang bersangkutan, saya kurang paham ya karena pihak ekspedisi juga tidak menjelaskan. Bisa jadi karena ini kan Ramadan ya, mau Lebaran, jadi banyak barang yang harus dikirim. Bisa jadi udah melebihi jam kerja, lalu dilaporkan dahulu sudah diterima, dan akan diantarkan hari berikutnya tapi ada kendala. Yang pasti saya bersyukur karena paket bisa sampai.

Sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews