Review Film The Sea Beast (2022)

06:50

 The Sea Beast (2022)



Para pemburu monster laut yang berjuang memburu monster terkuat demi balas dendam


• Judul: The Sea Beast

• Penulis dan sutradara: Chris Williams

• Tanggal rilis: 8 Juli 2022

• Distributor: Netflix

• Bahasa: Inggris

• Pengisi suara:

  - Karl Urban: Jacob Holland

  - Zaris-Angel Hator: Maisie Brumble

  - Jared Harris: Kapten Augustus Crow III

  - Marianne Jean Baptiste: Sarah Sharpe


Ratusan tahun lalu monster-monster laut menyerbu pemukiman penduduk dan menyerang warga. Pasca kejadian itu, para pemburu ditugaskan untuk memburu dan membunuh monster laut. Inevitable, kapal pemburu paling legendaris di bawah pimpinan Kapten Crow tak pernah gagal dalam misi. Kerajaan memberinya tugas untuk memburu The Red Bluster yang sangat berbahaya. Memiliki dendam pribadi pada sang monster, Kapten Crow bersemangat menjalankan misi tersebut. Didampingi wakil kapten Sarah Sharpe dan Jacob Holland yang telah ia anggap seperti anak sendiri, Kapten Crow berlayar untuk memburu The Red Bluster. Kejutan muncul saat Kapten Crow dan awak kapalnya akan merayakan pesta keberangkatan, seorang anak perempuan bernama Maisie Brumble menyusup ke dalam kapal dan ingin menjadi awak kapal. Mau tak mau, Maisie Brumble pun terlibat dalam misi perburuan.


Kalau tidak salah ingat, film ini sempat ramai dibicarakan di Twitter. Sempat lewat di beranda dan menggelitik rasa penasaran hingga pengen nonton. Setelah tertunda cukup lama, akhirnya bisa nonton juga. Setelah membaca informasinya di Wikipedia, film animasi ini mendapat sambutan baik dari para kritikus dan menjadi film animasi paling sukses buatan Netflix. Bahkan sampai masuk dalam kategori Best Animated Feature dalam Academy Awards ke 95. Makin bikin penasaran pastinya.


Berkisah tentang kapal pemburu monster laut paling legendaris bernama Inevitable yang sudah ratusan tahun berlayar dan berhasil membunuh banyak monster laut yang mengancam keselamatan manusia. Pada generasi ketiga, kapal dipimpin oleh Kapten Augustus Crow III. Kapten Crow memiliki ambisi untuk menangkap The Red Bluster, monster laut paling kuat dan paling susah diburu. Kapten Crow memiliki dendam pribadi pada si monster karena telah membuatnya kehilangan satu mata.


Kapten Crow memiliki awak kapal dengan jumlah banyak yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dalam memimpin kapal, ia selalu diwakili Sarah Sharpe, wanita yang tegas dan bijak.


Kapten Crow memiliki satu awak kapal yang sangat ia sayangi bernama Jacob Holland. Anak kecil yang ia selamatkan di tengah lautan itu telah bertumbuh menjadi pemburu monster laut hebat seperti dirinya. Karenanya Kapten Crow menganggapnya sebagai anak bahkan telah membulatkan tekad untuk mewariskan gelar kapten beserta kapal Inevitable pada Jacob.


Suatu hari dalam perburuan The Red Bluster, awak kapal menemukan keanehan pada drum bir. Saat dibuka, gadis kecil bernama Maisie Brumble ada di dalam drum, menyusup untuk menjadi awak kapal Inevitable. Karena sudah berada di tengah laut, Maisie pun akhirnya ikut dalam misi perburuan.


Animasinya apik banget! Pengambaran monster laut yang mengerikan, menyerupai pada mitos yang sudah dikenal banyak orang. Visualisasi laut yang mendekati nyata, pulau monster yang indah tapi misterius. Karakter utama si Red Bluster yang ketika saya melihatnya jadi berpikir bahwa dia adalah sosok naga merah, tapi badannya menyerupai ikan paus. Penampilannya sangar sekaligus cute. Pas nonton jadi kepikiran, punya piaraan kayak gini seru. Kekeke. Mulai dah otak cancer-nya, ngayal lagi, halu lagi.


Khas film animasi, selain monster super duper gede yang seram, ada karakter monster mungil yang ramah. Jujur liat si Blue ini saya malah agak ngeri dibanding Red.


Karena keberadaan Maisie di dalam kapal Inevitable, Jacob terlibat cek-cok dengan sang ayah angkat, Kapten Crow. Lalu, bersama Maisie, ia terlibat dalam sebuah pengalaman tak terduga.


Film ini, walau sebenarnya sudah bisa ditebak alur ceritanya bakalan gimana, tapi tetap asik untuk ditonton karena animasinya sangat memanjakan mata. Alurnya pun simpel, berjalan runtun dan cepat. Banyak pesan moral yang disampaikan, jadi bagus banget kalau nontonnya sama anak-anak.

Jangan menilai dari penampilan luar saja. Sosok Red Bluster yang digambarkan sangar dan memiliki reputasi buruk, ternyata monster yang hangat. Ia bisa menilai mana orang yang baik dan mana yang jahat. Sepertinya dia ini sosok alfa yang disegani monster-monster lainnya.


Tak kenal maka tak sayang. Selama ini manusia percaya bahwa Red Bluster dan monster lainnya jahat dan gemar menyerbu pemukiman manusia. Padahal nggak sepenuhnya benar.


Sejarah bisa dibuat oleh siapapun dan kekuasaan bisa menciptakan sejarah sesuai keinginan mereka. Yang berkuasa tak selamanya benar dan pahlawan bisa saja salah. Kirain yang bikin buku tentang Inevitable dan monster adalah Kapten Crow dari generasi ke generasi, ternyata plot twist banget. Bisa jadi dulu manusia lah yang ngusik tempat tinggal para monster lalu playing victim jadiin si monsternya yang jahat.


Kebenaran bisa saja datang terlambat dan demi membuktikan kebenaran itu tak jarang harus berseteru terlebih dahulu dengan orang tersayang. Tapi, pada akhirnya kebenaran selalu menang dan menorehkan kisah yang indah, membuka banyak mata dan hati. Kejahatan selalu kalah, walau kadang sedikit terlambat.


Generasi muda adalah pengubah sejarah dengan gebrakan baru mereka. Maisie adalah sosok pemuda penerus bangsa yang membuat gebrakan, membuktikan kebenaran yang ditutupi selama ratusan tahun demi kepentingan para penguasa. Gadis kecil penuh semangat yang berani mengambil langkah untuk maju dan mengubah takdir hidupnya. Mungkin sifat pemberani itu warisan dari kedua orang tuanya yang gugur dalam perang melawan monster laut.


Keluarga bisa terbentuk tanpa ada ikatan darah. Lucu banget liat Jacob ama Maisie. Saling menopang, tapi kadang saling ngeyel dan memaki. Sepanjang nonton ngarep ada kejutan dari Blue. Misal dia bisa berubah jadi monster gede atau punya kekuatan apa. Tapi, ada kok kejutannya. Momen creepy pas Jacob ama Maisie nginjek telur monster. Visualisasi telurnya bikin merinding.


Kesimpulannya, film ini bagus banget. Menghibur sekaligus memberi banyak pelajaran. Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: IMP Awards.


Tempurung kura-kura, 28 Maret 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews