Ramadan Punya Cerita, Tradisi Ater-ater

05:35

 Ramadan Punya Cerita, Tradisi Ater-ater


(Sumber foto: Pixabay)

Dulu, zaman masih anak-anak, sebelum ada tradisi selamatan diseragamkan di hari yang sama lalu ngumpul di musala buat doa bersama, tiap jelang hari raya ada kesibukan ater-ater. Kapan hari pas keinget kenangan itu, trus kepikiran, Aku dulu kuat banget ya! Hehehe.

Ater-ater adalah mengirimkan hantaran berupa makanan dan lauk pauk saat selamatan/syukuran/bancakan. Biasanya dimulai pada siang hari setelah semua masakan matang dan udah ditata rapi di dalam besek/rege (wadah plastik).

Banyaknya yang dikirimi hantaran tergantung yang punya hajat. Biasanya diutamakan para tetangga, lalu sanak saudara. Momen kayak gini nggak mesti pas Ramadan aja, tapi pas Ramadan emang ada tradisi megengan (sebelum Ramadan) dan selamatan sebelum hari raya. Kalau di tempat saya ada empat tradisi selamatan saat Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.


Kok kepikiran, Aku dulu kuat ya? Karena ater-ater nya pas puasa. Kalau bantuin ibu masih mending, nganterinnya ke tetangga sekitar ama sanak saudara yang deket. Masih satu desa, beda kampung doang. Tapi, kalau bantuin almarhumah nenek dari bapak, beda cerita. Ater-ater nya sampai lintas desa. Mana ada di dua desa yang berbeda dan itu jalan kaki.

Rutenya sama sih kalau bantuin ibu dan almarhumah nenek; ke tetangga yang paling dekat, lalu lanjut ke yang paling jauh. Dimulai siang hari bakda zuhur sampai selesai (biasanya sampai sore menjelang magrib). Puasa, panas-panasan, bawa hantaran, bolak-balik pula karena paling banyak bisa bawa 4 hantaran doang. Kalau hantarannya taruh di piring, sekali berangkat maksimal bisa bawa dua doang.

Kenapa jalan kaki? Karena dulu nggak punya motor, angkot pun kalau siang-sore susah, lama pula. Walau biasanya rute terjauh ini udah sore, tetep aja jauh. Mana kalau bantuin nenek, saudara terjauh itu satu di desa yang ada di timur, satu di utara. Jadi habis dari timur, balik ke rumah nenek, trus lanjut ke utara. Jarak tempuhnya... berapa km ya... 3 km mungkin. Ditempuh jalan kaki pulang-pergi dalam kondisi puasa. Itu kenapa merasa bangga sama diri sendiri masa kecil dulu, kuat banget! Walau capek, laper dan haus, nggak ada kepikiran buat mokel.

Paklek dulu kerjanya jadi sopir mikrolet. Kalau Paklek pulang cepet, seneng. Dianterin kan, tapi kalau nggak ya tetep jalan kaki. Sebenernya ada sepeda, tapi nenek tuh khawatir hantaran rusak kalau kami bawa naik sepeda. Khawatir lauk ama nasinya jadi satu pas dicantolin di setir sepeda. Jadi ya tetep harus jalan kaki.

Uniknya, kenapa dulu seneng banget gitu, padahal kan capek. Senengnya tuh pas buka banyak lauk beragam kalau pas selamatan. Misal biasanya sama sayur bening ama tahu tempe doang, nah pas selamatan jadi ada sambel goreng, mi, telor, dan ayam bahkan daging sapi. Zaman dulu hal kayak gitu itu udah berasa mewah, karena nggak setiap hari ada.

Hal lain yang bikin seneng adalah sering dapat uang saku dari dulur/sanak saudara pas ater-ater. Kalau perjalanan ke desa yang ada di timur, senengnya di pinggir jalan ada tanaman calingan yang selalu berbuah lebat. Jadi habis nganter hantaran, berburu calingan, dibawa pulang buat berbuka. Calingan itu buah berry liar, nama bekennya kalau nggak salah raspberry. CMIIW.


(Sumber foto: Pixabay)

Karena dari siang-sore sibuk ater-ater, buka puasa jadi terasa lebih nikmat karena laper dan hausnya lebih terasa dibanding hari-hari lainnya. Dari cerita ini, bisa ketebak ya saya bertumbuh di tahun berapa. Hehehe.

Kalau sekarang enak, selametannya dijadiin satu di musala. Lebih efektif untuk menghindari makanan terbuang sia-sia. Dulu tuh pas musim selamatan bisa numpuk ter-teran (hantaran) dari tetangga dan sanak saudara. Kadang lauknya sampai dijadiin satu trus dioseng sampai agak kering gitu biar ndak basi. Dengan sistem kolektif kayak sekarang, jadi masak secukupnya dan karena sistemnya kan ntar dikumpulin trus diambil secara random, jadi insyaallah nggak akan mubazir gitu.

shi-gUi ada yang punya pengalaman kayak gini juga kah? Share di kolom komentar ya! Gomawo matur tengkyu!

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews