Review Film Korea Seoul Vibe (2022)

06:32

 Seoul Vibe (2022)



Sekelompok pemuda pecinta balap mobil yang bertugas sebagai kurir untuk pencucian uang dalam skala besar di tahun 1988.


• Judul:

  - Global: Seoul Vibe

  - Romanisasi: Seouldaejakjeon

  - Hangul: 서울대작전

• Sutradara: Moon Hyun Sung

• Penulis: Shin Soo A, Moon Hyun Sung

• Sinematografer: Lim Won Geun

• Tanggal rilis: 26 Augustus 2022

• Durasi: 138 min.

• Distributor: Netflix

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Pemeran:

  - Yoo Ah In : Park Dong Wook

  - Ko Kyoung Pyo: Woo Sam

  - Lee Kyu Hyung: Bok Nam

  - Park Ju Hyun: Park Yoon Hee

  - Ong Seong Wu: Joon Gi

  - Moon So Ri: Kang In Sook

  - Kim Sung Kyun: Lee Hyeon Gyun

  - Oh Jung Se: Ahn Pyeong Wook


Dong Wook (Yoo Ah In) seorang pengemudi andal. Ia bekerja sebagai kurir senjata di Arab Saudi bersama rekannya, Joon Gi (Ong Seong Wu). Saat kembali ke Seoul, rekan mereka Bok Nam (Lee Kyu Hyung), menjemput. Dong Wook mengambil alih kemudi karena ada segerombolan orang yang mengejar mereka.

Berhasil lari, Dong Wook kembali ke markas mereka dan bertemu dengan Woo Sam (Ko Gyung Pyo) dan adik perempuannya, Yoon Hee (Park Ju Hyun). Di tengah pesta merayakan kembalinya Dong Wook, Jaksa Ahn Pyeong Wook (Oh Jung Se) menggerebek markas. Alih-alih menangkap Dong Wook dan timnya atas semua pelanggaran yang mereka lakukan, Jaksa Ahn menawarkan kerja sama dan berjanji akan memberikan mereka kebebasan.


Alasan tertarik nonton film ini, jujur karena ada Ong Seong Wu yang menjadi salah satu pemeran. Setelah nonton, ternyata film ini bertaburan bintang. Berasa ndak nyesel nonton. Hehehe.

Sebelum nonton sempat dibuat agak menurun minat karena banyak ulasan yang menyebut film ini membosankan, tidak sesuai harapan dan banyak hal kurang baik lainnya. Balik lagi ke selera sih ya, setelah selesai nonton, film ini bagus kok!


Alurnya boleh dibilang agak lambat, sampai... menit ke berapa ya, tidak ada aksi yang mungkin akan menarik bagi sebagian besar orang yang mungkin berharap film ini akan memberi banyak adegan mobil kebut-kebutan, hingga mungkin menimbulkan rasa bosan. Di awal udah langsung dikasih adegan kebut-kebutan, kejar-kejaran, tapi mungkin dinilai kurang.

Berlatar di tahun 1988, menceritakan tentang Park Dong Wook (Yoo Ah In), seorang pengemudi andal yang memiliki sebuah bengkel modifikasi mobil. Ia memiliki impian ke Amerika, tapi karena catatan kriminal yang ia miliki, ia tidak akan bisa pergi ke sana walau sempat ke Arab Saudi dan menjadi kurir senjata di sana.


Dalam setiap aksinya, ia selalu didampingi Joon Gi (Ong Seong Wu). Begitu pula saat Dong Wook bekerja di Arab Saudi dan kemudian kembali ke Korea.


Bok Nam (Lee Kyu Hyung), rekannya di bengkel menyambut kembalinya Dong Wook dan Joon Gi dengan memperkenalkan taksi kuning kesayangannya. Saat kembali, lingkungan tempat mereka tinggal telah banyak berubah karena akan digunakan untuk persiapan Olimpiade Musim Panas Seoul.


Dong Wook dikejutkan oleh kehadiran pemotor yang ternyata adalah adik perempuannya, Park Yoon Hee (Park Ju Hyun). Yoon Hee pun menggelar pesta untuk menyambut kepulangan sang kakak.


Di dalam markas, Woo Sam (Ko Gyung Pyo) yang berprofesi sebagai DJ menyalakan lampu dan memutar musik, pesta penyambutan pun dimulai.


Saat asik berpesta, Jaksa Ahn Pyeong Wook (Oh Jung Se) menerobos masuk dan kemudian hendak menangkap Dong Wook dan seluruh timnya. Jaksa Ahn menawarkan kerja sama dengan tawaran catatan kriminal Dong Wook dan timnya akan dihapus, serta memberikan visa agar mereka bisa terbang ke Amerika. Semakin dekat dengan impiannya, Dong Wook pun setuju bekerja sama dengan Jaksa Ahn untuk mejadi kurir pencucian uang.


Sebelumnya nonton drama Little Women yang mana karakter yang diperankan Oh Jung Se meninggal dunia, di film ini pun sama. Suka ama beliau sejak nonton Jirisan, nyesek aja di film ini Jaksa Ahn berakhir tragis. Padahal ngarepnya beliau ini happy ending ama tim rahasia yang beliau bentuk.

Dengan latar tahun 1988, memberi gambaran tentang bagaimana kehidupan pada masa itu. Asing banget bagi saya, tapi nggak membuat bosan. Entah ya, berasanya tampang Ong cocok banget jadi cowok gaul era 80-an. Kekeke. Pengaruh make up juga kayaknya.


Aksi di sini bukan gelut, tapi kebut-kebutan mobil. Tapi jujur nggak bikin apa ya adrenalin naik, ikut deg-degan, sama sekali nggak. Kalau dibandingkan ama Special Delivery yang temanya sama-sama kurir, feel deg-degannya lebih dapet Special Delivery. Tapi, karena latarnya tahun 1988, jadi berasa seru juga nonton mobil-mobil jadul kebut-kebutan.

Selain lima karakter utama yang kesemuanya bintang bersinar Korea, para pemeran villain juga keren! Musuhnya cewek lho! Kang In Sook yang diperankan Moon So Ri. Karakter yang keliatannya aja full senyum, tapi sadisnya naudubillah.


Villain yang emosian, tangan kanan Kang In Soo yang bernama Lee Hyeon Gyun (Kim Sung Kyun) juga nggak kalah sadis. Mantan tentara membuatnya demen bikin Tim Dong Wook senam jantung karena kegilaannya. Pas karakter ini nongol, kok kayak ndak asing ya. Ternyata beliau yang memerankan buronan Kim Man Nok di drama Grid.


Sebelumnya juga nonton film Ko Kyoung Pyo yang judulnya 645, di film ini karakternya juga unik. DJ sekaligus spy yang terlibat cinlok ama salah satu villain.


Bagus kok filmnya. Awal emang terkesan kelompok villain kayak B aja, masa iya bego banget gitu kesannya. Apalagi pas Tim Dong Wook masuk TV karena mabuk, masa iya nggak tahu. Tapi kalau liat latar ceritanya di tahun 1988, ya masuk akal semisal kelompok villain ini nggak demen update info karena fokus ngurusin pencucian uang. Tapi pas udah ketahuan Tim Dong Wook ternyata spy, baru deh mulai ditunjukkan kesadisan mereka. Tapi masih aman ditonton buat yang nggak bisa nonton adegan sadis kayak saya. Yang bikin agak ngeri dan enek adalah scene buka bungkusan yang ternyata isinya potongan tangan. Selebihnya masih aman. Oya, karena pakek istilah 'jenderal' untuk pimpinan tertinggi, bikin keinget ama drama Little Women lagi, mana sama-sama tentang pencucian uang.


Salutnya Tim Dong Wook salut banget. Padahal sempet berharap ntar ada yang berkhianat, ntah itu si DJ Woo Sam atau Bok Nam yang kesannya tuh lemah. Ternyata all kompak sampai akhir. Salut!!!


Menariknya, ada Mino WINNER menjadi salah satu pemeran. Karakternya demen ngegas dan kesabarannya setipis tisu. Tapi suka banget bagaimana dia akhirnya berdamai ama Dong Wook. Lucu momen pas Galchi--karakter yang diperanin Mino--minta dipanggil hyung. Padahal situasi lagi tegang-tegangnya kebut-kebutan di jalan.


Nggak seburuk yang saya bayangkan, tapi balik lagi ke selera ya. Kalau saya terhibur walau perlu waktu dua hari buat nonton sampai habis. Hehehe. Kejeda kesibukan, jadi separo jalan tunda, besoknya lanjut nonton lagi.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 01 April 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews