Tradisi Buka Puasa Bersama Di Sarang Clover

05:14

 Tradisi Buka Puasa Bersama Di Sarang Clover


(Sumber foto: Pixabay)

Kebiasaan ngumpul-ngumpul di Sarang Clover udah ada sejak kami masih masa kanak-kanak waktu masih tinggal di markas lama. Salah satu kebiasaan ngumpul-ngumpul yang rutin dilakukan setiap tahun, saat bulan Ramadan adalah buka puasa bersama di markas utama.

Dulu tradisi buka bersama nggak melulu penghuni Sarang Clover saja, tapi bersama dengan anak-anak dan remaja di kampung tempat markas utama berada. Banyak banget dong yang ikut? Nggak juga. Karena markas tuh ada di sisi kampung yang jumlah penduduknya sedikit, kampung kecil gitu, dan anak-anaknya tuh banyak, sering main ke markas dan sering kami ajakin jadi tim Sarang Clover kalau pas ada pentas seni di kampung. Nah, karena boleh dibilang udah akrab, jadi tiap Ramadan ada tradisi buka bersama di markas utama Sarang Clover.

Dulu tuh buka puasa bersamanya selalu di hari terakhir Ramadan. Kan dulu Lebaran nya selalu kompak ya, jadi bukber selalu di hari terakhir puasa trus habis bukber lanjut ikutan takbir keliling. Selesai takbir keliling, biasanya dilanjut dengan gredekan mercon dan kembang api yaitu menyalakan petasan dan kembang api di markas utama.

Kalau dulu masih pada kecil enak ngaturnya. Habis mamam takjil untuk membatalkan puasa, salat magrib berjamaah dulu, baru lanjut makan besar. Trus nungguin azan isya, salat berjamaah lagi, lalu lanjut takbir keliling. Selesai takbiran ada yang pulang, ada yang balik markas buat gredekan mercon. Jadi kangen masa itu. Heuheuheu.

Di buku biru Sarang Clover ada kenangan foto waktu buka bersama, tapi ini lupa tahun berapa. Masih pada kicik-kicik. Hehehe.


Tidak lupa ambil foto depan markas sebelum ikutan takbiran keliling. Burem banget yak!


Seiring berjalannya waktu, jadi susah kalau mau bukber pas hari terakhir puasa, karena Lebaran ndak pasti. Jadi jadwal dimajuin lagi, tapi untuk tradisi gredekan mercon di malam takbir masih sempet dijalankan. Kalau di tempat kami lebih seringnya kembang api dibanding mercon. Dulu tuh ya, kalau malam takbiran satu kampung pada gredekan mercon. Entah udah tradisi apa gimana. Jadi jalanan kampung dari ujung utara sampai ujung selatan full pada gredekan mercon sampai sampahnya yang berupa kertas berserakan di jalan utama. Paginya langsung bersih lagi itu jalan.

Karena tahu saya kurang suka petasan, selalu dapat kembang api dari Paklek untuk markas. Bunyi ledakan petasan itu ngeri, makanya saya kurang suka. Uniknya petasan jadi salah satu tradisi yang nongol saat Ramadan dan Lebaran. Alasan lebih banyak absen jalan pagi saat Ramadan ya karena petasan ini. Jalanan jadi ramai karena banyak yang jalan-jalan pagi setelah selesai jamaah subuh, tapi ngeselinnya, bocil banyak yang main petasan. Heuheuheu.

Tradisi buka bersama di markas Sarang Clover sempat berhenti saat Rara bayi. Karena lahir prematur, butuh perawatan khusus, jadi buka bersama sempat tidak diadakan selama beberapa tahun.

Alhamdulillah beberapa tahun terakhir, tradisi buka bersama di markas Sarang Clover bisa kembali digelar. Berbeda dari sebelumnya, bukber masa kini (?) diikuti penghuni Sarang Clover saja dan diadakan di markas kedua. Walau hanya penghuni Sarang Clover, jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Kok bisa? Karena sebagian besar sudah menikah dan beranak pinak. Jadi anggotanya makin banyak.

Setahun sekali, ngumpul buat buka bersama. Menyenangkan! Tahun 2022 kemarin juga ada buka bersama dan alhamdulillah sempet bikin videonya walau pendek. Uniknya, sayur sop selalu jadi menu buka bersama dari zaman masih kanak-kanak dulu sampai sekarang. Ciri khas bukbernya Sarang Clover ya sayur sop. Kekeke. Selain sayur sop, ada nasi liwet dan sate ayam.

Alhamdulillah tahun ini pun bisa kembali bukber di markas kedua. Walau lagi-lagi dalam formasi nggak lengkap, alhamdulillah yang ikutan lebih banyak dari tahun kemarin. Karena masih pada suka nasi liwet, menu tahun ini pun tetep nasi liwet dan nggak ketinggalan sayur sop. Kekeke. Sayangnya nggak ada foto dan video. Hanya ada satu foto nasi liwet dan video unboxing paket nasi liwet dari Dapur Mama Shinta.


Kalau Lebaran udah pasti ada tradisi ngumpul di markas utama. Semoga nanti bisa bikin vlog-nya. shi-gUi ada tradisi buka bersama juga kah bareng keluarga besar? Boleh sharing di kolom komentar ya. Gomawo matur tengkyu.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews