Belajar Flora Khas Indonesia Dan Fauna Ternak Di Milkindo Green Farm

06:01

 Wisata Edukasi Milkindo Green Farm Kepanjen



Liburan sekolah kemarin, shi-gUi ngapain aja? Rajin piknik? Atau tetep kerja? Saya sih tetep kerja, yang libur kan anak sekolah ya. Hehehe.

Yang namanya suasana liburan pastilah bikin pengen ikutan ngrasain momennya, liburan bareng untuk sejenak melepaskan diri dari aktivitas sehari-hari yang tak jarang bikin penat bahkan stres. Di Sarang Clover sendiri, dulu, sebelum pandemi melanda, kami punya jadwal rutin dolen bersama saat libur sekolah tiba. Jadi tiap tahun ada dua kali waktu ngumpul dan dolen bareng ke lokasi wisata yang dekat, nggak jauh-jauh amat ama markas. Terakhir Desember 2019 pergi ke Boon Pring. Habis itu pandemi, tiap liburan di rumah aja. Eh, pernah sekalinya jalan kaki rame-rame ke Ledeng Water Park yang udah terbengkalai.

Liburan sekolah tahun ini alhamdulillah rencana angon bocah ke Milkindo Green Farm terlaksana. Sempet galau karena beberapa hari sebelumnya hujan terus dan menurut BMKG masih bakalan gitu selama beberapa hari, ndilalah kersane Gusti Allah di hari yang kami pilih untuk pergi cuaca cerah ceria dari pagi. Subhanallah. Alhamdulillah.


Milkindo Green Farm atau dikenal juga dengan nama Kampung Susu Milkindo berada di Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di Ngempit, Tegalsari. Pakek panduan Google Maps bisa ketemu kok. Kami pun nemuin lokasinya dipandu ama Google dan alhamdulillah nggak disasarin. Hehehe.

Lokasinya emang agak jauh dari pusat kota yang selama ini sering saya kunjungi. Tapi, di pinggir jalan utama kok. Di seberangnya ada area parkir luas untuk mobil dan motor, jadi mudah ditemukan. Area parkir dan wisata dipisah jalan utama dan jalannya tuh lumayan sepi. Lokasi lewat perkampungan juga, tapi bisa diakses mobil dan jalan udah beraspal.

Setelah nyampek tuh dibuat kagum karena ternyata lokasinya luas banget! Oya, yang membuat lokasi ini mudah ditemukan adalah di luar ada tulisan Milkindo guede warna ijo. Trus banyak staf dari Milkindo yang berjaga di depan gerbang, dijamin ndak bakalan nyasar.

Harga tiket masuk per orang Rp. 15.000,-. Untuk harga tiket terusan... kalau tidak salah ingat Rp. 55.000,-


Bedanya apa sih? Jelasnya di fasilitas dong! Hehehe. Kalau tiket biasa, itu tiket masuk doang, ntar di dalem kalau mau cobain wahana apa gitu bayar lagi. Kami milih tiket biasa, karena ngajak bocil belum tentu semua wahana bakalan dijelajahi kan. Jadi ntar di dalam beli tiket wahana yang bocil mau main aja.

Stafnya ramah-ramah. Oya, di dekat loket ada tulisan dilarang membawa makanan dan minuman. Pas mau masuk, kami nanya ke staf yang jaga di depan gerbang, apa boleh bawa minuman. Ternyata kalau minuman boleh. Trus sebelum masuk itu yang bawa tas gede diperiksa dulu. Kalau ketahuan bawa barang yang dilarang, maka barang akan ditahan dan harus dititipkan. Saya kurang paham ya kategori barang yang nggak boleh dibawa apa. Karena kami semua lolos pemeriksaan.


HTM 15k itu nanti kita dapat satu gelas susu. Per tiket dapat satu gelas susu segar. Ini bisa dituker langsung pas baru masuk di stan Milk Bar atau bisa pas mau pulang. Terserah kita asal tiket masih di tangan.


Susunya dapat segelas susu segar dingin. Asli ini enaaak. Nggak ada amis-amisnya sama sekali, manisnya juga nggak kebangetan. Trus  karena dapatnya dingin, dalemnya ada yang jadi es. Beku gitu. Kami langsung tuker pas masuk, jadi pas haus setelah berkeliling langsung minum susu segar dingin, enaaak banget!


Fasilitasnya lengkap ya! Selain tempat parkir yang luas, di dalam tersedia musala, kantin dan hal yang paling saya sukai sebagai kaum beser yaitu toilet. Toiletnya tuh bersih banget! Trus tersebar luas, hampir di tiap titik ada. Jadi nggak nyusahin pengunjung yang beser gitu lho! Ini salah satu toilet, lokasinya deket persewaan kostum dan naik kuda. Bagus ya bangunannya. Airnya ngalir deras dan nggak ada bau pesing sama sekali. Trus tersedia toilet duduk dan masih bisa pipis sambil jongkok. Yang nggak bisa pakek toilet duduk--macem saya--aman!


Deket pintu masuk selain Milk Bar ada deretan penjual makanan. Lalu, setelah jalan masuk disambut ama kandang sapi perah di sisi kanan dan Taman Satwa di sisi kiri. Areanya tuh rindang dan sejuk. Beneran kayak jalan-jalan di tengah kebun dan peternakan. Sapi perahnya banyak. Kalau nggak salah, pengunjung bisa kasih makan sapi dan di jam tertentu bisa ikutan memerah susu sapi. Coba cek aktivitas apa aja yang bisa dilakukan di akun Instagram Sapi Milkindo. Oya sapinya ada sapi albino juga lho!





Setelah kandang sapi, ada tempat sewa kostum dan bisa naik kuda. Kostumnya ada kostum ala noni-noni di peternakan Belanda dan kostum cowboy. Mau naik kuda dan pakek kostum cowboy, bisa!



Ini karena Gembul gak berani naik kuda sendirian, jadi ditemenin Rara. Trus kudanya dituntun ama staf, jadi aman. Rutenya juga lumayan jauh karena ngelilingin area taman.


Agak depan dari lokasi sewa ini ada deretan sepeda warna-warni. Ini kurang paham apa bisa disewa juga. Trus ada itu lho apa sih tempat yang buat foto trus kameranya bisa muter 360°. Apaan dah namanya. Hehehe.


Taman Satwa ini lokasinya masuk dalam kandang raksasa gitu dah, tapi seru! Di area ini anak-anak bisa melihat beberapa jenis fauna ternak seperti kelinci dan ayam. Ayamnya banyak jenisnya dan lucu-lucu!



Selain fauna ternak, ada hewan peliharaan lain yang dalam Taman Satwa seperti iguana. Don't worry! Iguananya dalam sangkar kok! Jadi aman. Ada kura-kura dan ular juga.


Di Taman Satwa ini pengunjung bisa kasih makan kelinci. Pakannya beli, kalau nggak salah harganya Rp. 5.000,- Dapatnya wortel sama entah ini rumput apa saya lupa namanya. Heuheuheu.


Kelincinya ada kandang sendiri dan pengunjung yang bawa pakan boleh masuk. Ini momen bikin bocil-bocil seneng banget karena bisa berinteraksi deket ama kelinci.


Hewan unik, cute kiyowok yang menyita perhatian saya di Taman Satwa adalah si mungil ini. Apa sih ini, tupai terbang ya? Di tulisan keterangan disebut sugar glider. Mereka ada dua, yang satu ngumpet dalam sarang, yang satu aktif banget interaksi ama pengunjung. Lucu!


Di luar sangkar raksasa, ada kandang yang isinya kelinci ama marmut. Bisa lanjut kasih makan mereka di sini. Lucu lucu juga. Di area Taman Satwa disediakan tempat cuci tangan dan sabun. Jadi anak-anak yang habis kasih pakan hewan bisa langsung cuci tangan demi menjaga kebersihan.


Interaksi lain dengan satwa yang bisa dinikmati pengunjung adalah memberi makan merpati. Ini jagung buat pakannya juga beli. Kalau nggak salah all pakan hewan harganya lima ribuan.


Selain kasih pakan kelinci dan merpati, bisa juga kasih pakan ikan. Ikannya banyak dan kolamnya aman untuk anak. Tetep harus didampingi ya!



Hewan lain yang ada di taman ada bebek, soang (banyak, angsa), domba, dan kambing. Bisa kasih makan domba dan kambingnya juga. Tapi, harus tahan baunya ya. Hehehe.




Untuk permainannya banyak banget yang bisa dicoba. Mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar. Harga tiket wahana mulai Rp. 10.000,- sampai Rp. 40.000,-. Untuk pakan ikan dan merpati ternyata harganya Rp. 3.000,-.


Anak-anak naik kereta api. Dengan harga Rp. 10.000,- dapat lima putaran. Bikin puas sih ini. Keretanya cakep, nyaman dan aman pula.


Rara nyoba permainan panahan. Untuk panahan tiketnya Rp. 15.000,- Bagi yang mau cobain panahan, pastikan setelah beli tiket dapat nomor antrian ya! Karena kalau nggak bawa nomor antrian, walau udah ada tiket nggak akan dikasih kesempatan main. Nomor antriannya dapat di loketnya juga. Sempet ada salah paham karena Rara pas beli tiket nggak dapat nomor antrian, jadi harus balik lagi ke loket buat minta nomor antrian. Kurang paham apa di wahana lain juga harus pakai nomor antrian.



Area untuk duduk-duduk beristirahat juga banyak. Kantin juga hampir di semua titik ada. Hanya di area deket kandang bebek belum ada yang jualan. Di area lain banyak yang jualan terutama di kantin tengah deket loket tiket wahana, paling ramai di sini. Yang dijual pun beragam, mulai dari snack sampai makanan berat seperti bakso.

Oya, ada permainan dalam ruangan juga. Durasi bermain dalam ruangan ini satu jam dan hanya bisa didampingi satu orang saja. Di sebelahnya ada area buat melukis. Sekilas melihat yang dilukis benda. Unik sih ini. Sayang ramai banget dan untungnya para bocil nggak minta nyoba. Kalau ngantri mayan lama pastinya.

Area dan wahana yang tersedia kurang lebih begini. Ada human claw. Unik ini. Sayangnya anak-anak nggak berani nyoba.


Hampir lupa! Yang anaknya demen berenang, Miklindo ada water park nya lho! HTM water park Rp. 15.000,-. Kami nggak masuk karena lupa nggak bawain anak-anak baju ganti. Bahaya kalau pada minta renang. Hehehe.


Selain Taman Satwa, ada Taman Tani, tempat anak-anak bisa belajar singkat tentang pertanian sederhana salah satu bercocok tanam dengan cara hidroponik.


Spot fotonya juga banyak. Dari banyaknya itu, satu tempat yang menurut saya spot paling apik buat foto. Tepatnya di gambar ini. Kayak bukan di Indonesia gitu kan suasananya. Bagus buat foto sendiri atau bersama-sama.



Spot yang kedua adalah di foto ini. Kece banget kan!


Oya, hampir kelupaan! Di taman ini tuh pohon-pohonnya dikasih papan nama. Jadi, selain belajar mengenal fauna yang bisa diternak dan dipelihara, anak-anak bisa belajar tentang flora khas Indonesia juga.


Setelah puas berkeliling, sebelum pulang jangan lupa belanja oleh-oleh dulu di Milk Store. Segala produk olahan susu dijual di sini mulai dari susu segar rasa-rasa, puding dan yoghurt, sampai keju. Selain itu bisa beli pernak-pernik khas Milkindo juga seperti topi atau tas dan masih banyak lagi.



Kami beli susu, yoghurt, puding, pudot dan keju. Gembul beli topi. Paling suka ama pudotnya. Enaaak banget. Rasa buahnya fresh banget. Pudingnya juga enak. Susu rasa-rasanya juga oke. Kalau yoghurt-nya jujur terlalu asam, tapi enak. Hehehe. Tinggal kejunya yang belum dicoba.


Menurut saya, Milkindo ini pas banget buat piknik keluarga, terlebih yang punya anak kecil. Anak-anak nggak hanya seneng karena bisa bermain, tapi bisa sekaligus mengajak mereka belajar dengan cara yang menyenangkan. Video bermain bareng kelinci dan hewan lainnya bisa ditonton di sini ya!

Tiketnya murah, fasilitas banyak dan memuaskan, staf ramah. Milkindo Green Farm saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Nggak ada kesan buruk dari lokasi dan staf. All oke banget. Kalau kesan kurang baik dari sesama pengunjung nih yang ada. Mbok ya kalau habis mamam itu sampahnya dibuang, jangan dibiarin begitu aja. Kasihan pengunjung lain yang mau makek tempatnya kan. Padahal di setiap lokasi ada tempat sampahnya lho! Heran aja nggak mau ngebersihin sampah sendiri sehabis pesta pora makan bersama. Gemes aja liatnya, karena macem ndak cucok lah ama gayanya.

Well, itu tadi singkat cerita waktu kami berkunjung ke Milkindo Green Farm. shi-gUi udah pernah ke sana juga? Share pengalamannya di kolom komentar ya! Gomawo matur tengkyu!

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews