Sawo, Si Coklat Manis Penuh Gizi Yang Punya Segudang Manfaat Untuk Tubuh

05:23

 Manfaat Sawo Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Sawo merupakan salah satu buah musiman di Indonesia. Disebut buah musiman, karena berbuahnya hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Walau mudah ditemukan di Indonesia, sawo (Manilkara zapota) sebenarnya berasal dari Meksiko lho!

Sawo memiliki rasa manis dan tekstur unik. Saat memakan daging buahnya, ada sensasi seolah mengunyah pasir yang lembut. Hal ini dikarenakan sawo mengandung sklereida atau sel-sel batu.

Selain memiliki rasa yang manis, sawo mengandung banyak nutrisi penting yang bagus untuk tubuh seperti protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan vitamin E, kalium, kalsium, serat dan masih banyak lagi. Memiliki kandungan gizi yang lengkap, buah sawo memberi banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat sawo untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Sawo mengandung serat yang memberi manfaat berupa melancarkan saluran cerna, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengatasi sembelit. Dalam buah sawo terdapat tanin yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung berlebihan. Sawo juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membuatnya menjadi buah yang bagus dikonsumsi bagi penderita gangguan asam lambung karena akan memberi efek menenangkan dan obat alami bagi lambung.


2. Bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Polifenol, vitamin A dan vitamin C terdapat dalam buah sawo. Ketiganya merupakan antioksidan yang memiliki peran memperkuat sistem kekebalan tubuh.


3. Sumber energi

Sawo termasuk buah yang mengandung kalori tinggi. Dalam 100 gram buah sawo memiliki kandungan 83 kalori. Sawo juga mengandung gula alami yang mudah dicerna tubuh. Mengonsumsi sawo akan memberi energi pada tubuh.


4. Mencegah anemia

Anemia terjadi karena tubuh kurang memproduksi sel darah merah dan karena kurangnga zat besi dalam tubuh. Sawo mengandung tembaga dan zat besi. Rutin mengonsumsi dalam jumlah yang tepat akan mencegah bahkan mengobati anemia.


5. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan magnesium dalam sawo memberi manfaat terjaganya kinerja pembuluh darah dalam tubuh. Sedangkan kalium akan membantu menstabilkan tekanan darah serta memperlancar sirkulasi darah.


6. Bagus untuk menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam sawo dapat memberi efek mencerahkan kulit. Vitamin E akan membuat kulit lembap. Rutin mengonsumsi buah sawo akan membantu tubuh untuk menagkal radikal bebas yang memberi dampak buruk pada kulit.


7. Bagus untuk kesehatan rambut

Rutin mengonsumsi buah sawo akan membuat rambut terjaga kesehatannya. Menjadikan rambut lembut dan halus. Memakan sawo dan atau menjadikannya sebagai masker rambut akan memberi efek mempercepat pertumbuhan rambut hingga rambut menjadi kuat dan tebal. Mencegah tumbuhnya uban dan ketombe.


8. Mencegah stres

Rutin mengonsumsi buah sawo ternyata bisa menjadi terapi untuk pencegahan stres lho! Stres adalah biang yang bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental, karenanya sebisa mungkin harus dihindari dan dikelola dengan baik. Sawo yang kaya nutrisi memberi manfaat mengurangi stres.


Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat sawo untuk tubuh. Semua manfaat bisa diperoleh jika mengonsumsi sawo secara rutin dan dalam jumlah yang benar. Sebenarnya sawo tidak memiliki efek buruk bagi tubuh, tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare, sakit perut, mual bahkan muntah. Tetap konsumsi sawo dalam jumlah yang wajar ya agar dapat memperoleh segala manfaat baiknya.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews