Peran Pohon Lontar Dalam Kehidupan

05:41

Manfaat & Filosofi Pohon Lontar


(Sumber foto: Pixabay)

Sebelumnya sudah membahas tentang buah siwalan dan legen, jadi penasaran sama pohon lontar. Pohon lontar adalah induk yang menghasilkan buah siwalan dan legen.

Pohon lontar atau pohon siwalan (Borassus Flabellifer) adalah palma yang kuat dan kokoh berbatang tunggal yang tingginya bisa mencapai 30 meter. Kebanyakan tumbuh secara berkelompok dengan jarak yang berdekatan. Bentuk daunnya menyerupai kipas bundar dan besar. Bunga dan buahnya bergerombol. Buah berbentuk bulat, kulit luarnya berwarna hitam dan mengkilat.

(Sumber foto: Pixabay)

Nira dari buah lontar dikenal dengan nama legen dan merupakan minuman khas Lamongan dan Tuban. Nira dari pohon lontar juga diolah menjadi gula. Selain buah dan niranya, daun lontar dimanfaatkan sebagai bungkus kue jumbrek yang merupakan jajanan khas Lamongan. Bahkan dahulu daun lontar dimanfaatkan sebagai buku untuk menulis lho! Selanjutnya mari kita bahas manfaat yang bisa diperoleh dari pohon lontar.


Daun lontar dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari seperti tikar, kipas, keranjang, dan topi. Alat musik dari Timor, sasando, juga terbuat dari daun lontar. Daun lontar juga bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah. Tangkai dan pelepah daun lontar memiliki serat yang baik, biasa diolah untuk dijadikan tali.

Batang pohon lontar menghasilkan kayu dengan kualitas yang baik dan kuat hingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, barang kerajinan, dan perkakas untuk kebutuhan rumah tangga. Arang dari batang pohon lontar bisa menjadi obat alami untuk sakit gigi. Kulit batang lontar yang direbus kemudian diberi campuran garam bisa menjadi pembersih mulut.

(Sumber foto: Pixabay)

Bunga lontar biasa diambil niranya untuk dijadikan gula dan legen. Legen yang mengalami fermentasi akan menjadi tuak. Buah lontar bisa dikonsumsi secara langsung dan memberi banyak manfaat untuk tubuh. Di Lamongan, buah lontar atau siwalan biasa diolah menjadi dawet.

Limbah dari pohon, daun, dan kulit buah yang kering bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Batang daun biasanya juga dimanfaatkan sebagai pagar.

Sama seperti bagian lain dari pohon lontar, akarnya juga bermanfaat lho! Disebutkan rebusan akar muda dari pohon lontar dapat dijadikan sebagai obat alami untuk masalah pernapasan. Ekstrak akar lontar menjadi obat cacing dan melancarkan buang air kecil.

(Sumber foto: Pixabay)

Pelajaran yang bisa dipetik dari pohon lontar adalah selama kita hidup, baiknya bisa memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Walaupun tinggi tidak menjadi sombong dan ketika nyawa sudah tak lagi di raga, apa yang kita tinggalkan masih bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Demikian bahasan singkat tentang pohon lontar. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews