Resep Sop Bakso Ikan Sederhana Penggugah Selera Anak-anak Dan Aman Untuk Penderita Asam Lambung

05:47

 Resep Sop Bakso Ikan Sederhana Untuk Penderita Asam Lambung


(Sumber foto: Pixabay)


Ketika emak sedang melanglang buana, harus ngerjain tugas dapur yaitu masak. Kalau masak masih oke, asal jangan setrika baju aja. Hehehe.

Masak suka, tapi ogah yang ribet. Suka yang simpel, cemplung-cemplung, oseng-oseng mateng. Dari bikin cah sawi ijo, cah sawi putih, sampai tahu telur kuah. Alhamdulillah nya, selera lidah saya ama Rara sama. Jadi masak simpel gitu pada doyan. Nah, karena ada stok bakso ikan, Rara minta dibikinin steambot ala ala kayak dulu. Emang cuaca lagi dingin banget, kemarin seharian hujan terus. Jadi enak kalau makan yang berkuah dan anget-anget. Apalagi resep steambot sederhana ada jahenya, jadi sensasi hangatnya pas makan makin dapet. Oke deh, ntar pulang kerja masak steambot ala-ala.

Pas udah di dapur, liat bakso ikan ama wortel, bikin keinget ama resep sop sederhana dari salah satu temen di Facebook yang biasa saya panggil Kakak Ipar. Langsung berbelok arah, nggak jadi masak steamboat ala-ala, beralih ke sop nyontek resepnya Kakak Ipar. Ini screenshot resep aslinya ya! Seperti biasa saya pakai bahan-bahan yang tersedia di rumah. Hehehe.


Ini saya buat untuk makan dua orang dengan bahan memanfaatkan bumbu dan bahan yang ada.

- 1 buah wortel

- Bakso ikan sesuai selera

- 3 siung bawang putih

- 2 siung bawang merah

- 1 batang daun bawang

- 2 sendok makan minyak bawang

- 1 sendok teh merica bubuk

- Kaldu jamur secukupnya

- Garam secukupnya


Sebenarnya ada minyak wijen, tapi saya memilih pakai minyak bawang (minyak yang habis dipakai untuk goreng bawang) untuk menumis bumbu dan tidak menambahkan minyak wijen. Kalau mau plek ngetiplek ama resep aslinya, boleh banget.

Trus karena lada bubuk dan merica bubuk di rumah habis, saya pakai biji merica diulek. Padahal sebelumnya mau masaknya tanpa tumis, tapi karena mericanya mentah, jadilah tetep ngikutin resep yaitu bumbu ditumis dulu. Sebenarnya bisa tanpa tumis asal mericanya disangrai dulu sebelum diulek/digerus. Tapi males menyangrai, jadi ya udah tumis aja. Hehehe.


Cara masaknya simpel banget!

1. Kupas wortel dan potong sesuai selera. Di sini wortel saya rebus sebentar secara terpisah karena biasanya air sisa rebusan wortel berasa langu, jadi kurang pas aja kalau dibuat kuah.

2. Cincang bawang putih, iris daun bawang, lalu tumis dengan 2 sendok makan minyak bawang, setelah agak layu tambahkan 1 sendok teh merica bubuk, tumis sampai harum.

3. Rebus air hingga mendidih. Ini airnya sesuai selera juga ya, tembung iro-iro, mau kuahnya seberapa.

4. Setelah air mendidih, masukkan bumbu dan bakso ikan.

5. Tambahkan kaldu jamur dan garam, lalu koreksi rasa. Setelah dirasa oke, masukkan wortel dan matikan api.


Asli ini enak banget! Pakek bumbu seadanya aja udah enak. Kalau nyontek resepnya plek ngetiplek pasti tambah enak. Suka banget nyontek resep masakan Kakak Ipar karena selalu simpel dan enak di lidah. Udah berapa resep ya yang pernah saya contek. Yang keinget malah martabak telur oatmeal doang. Resepnya pernah ditambah daun kucai jadi martabak telur oatmeal daun kucai nan enak dan sedap.

Ini maaf ambil fotonya kagak ada yang di mangkok dengan estetik gitu. Langsung foto pas di panci. Heuheuheu. Ini kemarin makan sup aja tanpa nasi udah kenyang. Sayang kurang sayurnya.


Pagi ini juga masih hujan. Rara minta dibuatin sop bakso ikan lagi karena bakso ikannya masih ada. Jadilah bikin lagi. Niatnya mau nambahin kentang biar lebih enak dan kalau malas makan nasi udah ada kentangnya, plus nambahin sayurnya. Tapi, nunggu abang bakulan tak datang-datang. Ya udah akhirnya masak seadanya dan cukup banyak. Bisa buat sarapan dan makan siang. Hehehe.


Makasih Kakak Ipar buat sharing resepnya. Suka banget ama rasanya dan memudahkan kaum mageran kayak saya. Hehehe. Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews