Review Wednesday (2022)

06:30

 Wednesday



Karena balas dendam, Wednesday Addams dikirim ke sekolah anak buangan oleh orang tuanya. Di sekolah barunya, ia hampir menjadi target pembunuhan.


• Judul: Wednesday

• Kreator:

  - Alfred Gough

  - Miles Millar

• Perusahaan Produksi:

  - MGM Television

  - Millar Gough Ink

  - Tim Burton Productions

  - Toluca Pictures

• Jumlah episode: 8

• Durasi: 46–57 menit per episode

• Distributor: Netflix

• Tanggal rilis: 23 November 2022

• Catatan: Berdasarkan karakter Wednesday Addams karya Charles Addams

• Pemeran:

  - Jenna Ortega: Wednesday Addams

  - Gwendoline Christie: Larissa Weems

  - Riki Lindhome: Dr. Valerie Kinbott

  - Jamie McShane: Donovan Galpin

  - Hunter Doohan: Tyler Galpin

  - Percy Hynes White: Xavier Thorpe

  - Emma Myers: Enid Sinclair

  - Joy Sunday: Bianca Barclay

  - Georgie Farmer: Ajax Petropolus

  - Naomi J. Ogawa: Yoko Tanaka

  - Moosa Mostafa: Eugene Ottinger

  - Christina Ricci: Marilyn Thornhill

  - Catherine Zeta Jones: Morticia Addams

  - Luis Guzmán: Gomez Addams

  - Isaac Ordonez: Pugsley Addams

  - George Burcea: Lurch

  - Calum Ross: Rowan Laslow


Wednesday Addams (Jenna Ortega) memasukan ikan piranha ke dalam kolam latihan renang demi membalas dendam karena adiknya, Pugsley Addams (Isaac Ordonez) dibully. Usai peristiwa tersebut, Wednesday dikirim ke Nevermore Academy, sekolah khusus untuk anak buangan yang berlokasi di Jericho, Vermont. Nevermore Academy berisi anak-anak dengan kemampuan khusus seperti keturunan vampir, manusia serigala, siren. Di sekolah barunya, Wednesday hampir menjadi korban pembunuhan dan menemukan banyak misteri yang menggunggah rasa penasarannya.


Ketika serial ini tayang, timeline Twitter banyak cuitan lewat yang bahas tentang Mbak Wednesday. Penasaran? Iya. Apalagi sampai viral di mana-mana bahkan Gembul sampai minta dikepang kayak Wednesday setiap sekolah. Trus nanya ke Prime Eonni, "Eonni, Wednesday ini ceritanya tentang apa tho?" Sama Prime Eonni hanya dijawab, "Kakak yang balas dendam karena adeknya dibully dengan cara masukin ikan piranha ke kolam renang." Apa?? Sesadis itu kah?? Tapi bikin penasaran dan akhirnya masukin ke daftar tontonan dan alhamdulillah akhir pekan ini bisa nonton. Dan... ini serial tipe kesukaan saya. Fantasi, ada siren, vampir, dan werewolf. Semoga tahun ini ada musim keduanya. Aamiin.


Adegan pembukanya seru. Wednesday (Jenna Ortega) berjalan dengan penuh percaya diri memasuki sebuah sekolah menengah. Ia mengabaikan banyak pasang mata yang menatapnya. Tujuannya hanya satu, mencari sang adik. Wednesday menemukan sang adik sedang dikurung di dalam loker, karena menjadi korban bullying. Ketika menyentuh sang adik, ia bisa melihat apa yang terjadi termasuk para pelaku bullying.


Wednesday segera menuju kolam renang yang sedang penuh anak latihan termasuk para pembully dan melepaskan ikan piranha peliharaannya ke dalam kolam sebagai wujud balas dendam atas apa yang menimpa adiknya. Usai peristiwa itu, kedua orang tuanya mengirim Wednesday untuk bersekolah di Nevermore Academy. Sekolah bagi anak buangan yang berada di kota Jericho. Di sekolah barunya, Wednesday justru jadi sasaran pembunuhan.


Kejem banget? Iya! Balas dendam dengan cara masukin ikan piranha ke kolam. Waktu Prime Eonni menyebut hal ini, udah ngebayangin filmnya bakalan serem, tapi ternyata nggak. Adegan rombongan piranha menyerang orang-orang di dalam kolam renang nggak disajikan secara gamblang dan sadis.

Nevermore Academy adalah sekolah bagi anak buangan yang isinya bukan hanya anak-anak nakal tapi juga anak-anak bukan keturunan manusia asli. Ada werewolf, vampir, siren, dan anak-anak ajaib lainnya. Sekolah ini bikin keinget ama novel Hex Hall. Di Nevermore Academy, Wednesday sekamar dengan werewolf nyentrik bernama Enid Sinclair (Emma Myers).


Wednesday yang alergi sama warna-warni harus sekamar dengan Enid yang pecinta warna-warni. Tanpa sungkan dan permisi Wednesday langsung merobek warna-warni yang menutupi jendela kamar dan menarik garis batas antara dirinya dan Enid. Menarik sekali dua gadis bertolak belakang dijadikan dalam satu kamar. Scene ini lagi-lagi membuat saya teringat sama novel Hex Hall. Di Hecate Hall--sekolah untuk anak-anak aneh dan nyeleneh--Sophie menjadi teman sekamar Jenna si vampir imut yang juga nyentrik. Bangunan sekolahnya bikin kangen Harry Potter. Jadi pengen nonton lagi. Heuheuheu.


Enid sebagai ratu gosip dengan senang hati mengajak Wednesday untuk berkeliling sekolah. Mengenalkan 'jenis-jenis' murid yang ada di sana mulai dari kaumnya; werewolf, lalu vampir, dan siren. Bintang Nevermore Academy adalah seorang siren bernama Bianca Barclay (Joy Sunday). Sudah bisa ditebak, si Bianca kemudian jadi pesaing Wednesday.


Usai duel ama Bianca, Wednesday hampir mati tertimpa patung. Untung ia diselamatkan Xavier Thorpe (Percy Hynes White). Siswa dengan kemampuan membuat lukisannya bisa hidup. Wah, karakter ini bikin keinget sama karakter Adrian Everhart (Sketch) dari novel Renegades. Di sekolah barunya, Wednesday mengalami petualangan yang tak terduga.


Jujur ya, jalan ceritanya mengejutkan. Tokoh utamanya, si Wednesday ini toksik banget orangnya. Impiannya menjadi penulis novel, anti teknologi, rela melakukan apa pun demi tujuannya demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Selain Thing, sebuah potongan tangan yang dikirim ayahnya, Wednesday--awalnya--nggak mau memercayai siapa pun di sekolah. Pas Thing dicelakai, bikin nyesek dan ikutan nangis. Hiks!


Ada teka-teki, tapi ada petunjuk juga. Jadi sambil nonton bisa sambil menghubungkan benang merah dan mulai nebak-nebak musuh sebenarnya siapa dan Wednesday ini sebenarnya siapa. Saya akui Wednesday itu spesial dan kuat banget walau toksik. Kemampuan Wednesday unik dan hanya bisa dibimbing sama leluhurnya langsung. Leluhurnya juga keren!


Selama nonton dibikin curiga, yang jahat ini siapa sih! Ibu Kepala Sekolah kah? Apa psikiaternya? Atau Bu Guru, satu-satunya manusia yang mengajar di Nevermore Academy. Tapi yang dari awal mencurigakan itu Tyler Galpin (Hunter Doohan). Entah kenapa nggak suka banget sama karakter ini. Lebih suka Wednesday deketan ama Xavier daripada dia.


Karena banyak petunjuk yang disajikan, jadi menjelang akhir bisa ketebak real villain-nya siapa. Tapi nggak mengurangi keseruan nonton sampai akhir. Karena emang seseru itu! Selain werewolf nyentrik, pelukis ganteng, siren populer, ada vampir cantik yang kemudian memutuskan untuk membantu Wednesday menjalankan misinya, Yoko Tanaka (Naomi J. Ogawa).


Gorgon tampan pacarnya Enid, tapi kata si pengendali lebah adalah gorgon yang bodoh, Ajax Petropolus (Georgie Farmer) juga bergabung dalam tim.


Senang sekali liat si pengendali lebah penyendiri yang selalu mendukung Wednesday, Eugene Ottinger (Moosa Mostafa) selamat.


Sempet kaget waktu nonton episode awal, karena ada Catherine Zeta Jones yang jadi mamaknya Wednesday. Beliau ini tetap memesona walau usianya semakin bertambah.


Menyajikan unik dan misteriusnya Keluarga Addams, serta konflik di dalamnya. Keluarga ini emang nyeleneh, mana si bapak sama si emak sama-sama bucin. Anaknya yang liat aja enek, apalagi orang lain. Wkwkwk.


Kehidupan sekolah yang penuh warna, tentang pertemanan yang dibumbui berbagai macam konflik khas remaja. Dari musuh jadi temen, sampai ada bumbu kisah percintaan. Anak-anak terbuang yang kemudian bersatu mempertahankan wilayah kekuasaan mereka dari penjajah. Oya, kisah leluhur Wednesday bikin keinget ama kisah The Sanderson Sisters dari Hocus Pocus. Leluhur Wednesday lebih parah sih. Makanya berusaha keras membuat area perlindungan untuk kaumnya.


Serial ini keren! Nyeseknya dapet, ada selipan humornya. Misterinya juga dapet. Nggak sabar liat aksi Wednesday dan kawan-kawannya lagi. Si toksik yang punya banyak bakat. Wajar kalau doi jadi songgong. Wkwkwk. Kisah nggak melulu menyorot kisah Wednesday

Wednesday ini keturunan vampir atau apa? Kalau dari cerita keseluruhan di serial ini, doi ini keturunan penyihir sih ya. Kan leluhurnya, Goody Addams adalah penyihir terkuat. Tapi kenapa tingkahnya pas di peti mati kayak vampir? Anak ini emang dah! Penuh kejutan. Paling suka waktu dia ngomong hanya dia yang boleh membully adiknya. Pecinta cerita fantasi harus nonton deh! Nggak rela Ibu Kepala Sekolah meninggal. Heuheuheu.


Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: IMP Awards & Wallpaper Cave.

Sumber informasi: Wikipedia.


Tempurung kura-kura, 01 Juni 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews