Review Buku 101 Dosa Penulis Pemula - Isa Alamsyah

05:47

 101 Dosa Penulis Pemula - Isa Alamsyah



Mengupas Inti Sari Workshop Menulis Asma Nadia


• Judul: 101 Dosa Penulis Pemula
• Penulis: Isa Alamsyah
• Penerbit: AsmaNadia Publishing House
• Tahun terbit: Cetakan pertama, Juni 2014
• Jumlah halaman: 350 hlm, 20,5

101 "dosa" yang pasti pernah dilakukan oleh penulis pemula dibahas secara lengkap dalam 17 bab. Dijabarkan dengan bahasa sederhana hingga dengan mudah membantu penulis pemula untuk menyadari, menemukan, serta memperbaiki "dosa-dosa" yang pernah dilakukan selama proses menulis.


Saya ingat ketika buku ini terbit, sempat ramai, banyak bahasan yang lewat di beranda Facebook. Bikin penasaran pastinya dan entah karena apa, pada waktu itu saya belum bisa membelinya. Lalu, beberapa tahun kemudian dapat tawaran dari AE Publishing--ini kalau nggak salah ingat juga--ada paket buku yang bisa beli sekalian sama buku 101 Dosa Penulis Pemula. Mau banget! Ternyata pas dateng, bukunya ada tanda tangan penulisnya.

Entah apa yang merasuki saya sampai baru kelar baca di tahun 2023. Kamu harus bangkit, Kura! Heuheuheu. Saat baca tuh feel-nya kayak lagi dengerin penulis cerita, trus pada beberapa poin bikin mbatin, "Eh pernah lakuin dosa ini," dan juga ada merasakan hal yang sama.

Jumlah "dosa" nya ada 101 dibahas dalam 17 bab buku dan tiap bab punya jumlah sub bab beda-beda. Pembahasannya lengkap banget! Bener-bener membahas dasar-dasar kepenulisan, tentang kesalahan yang sering dilakukan penulis pemula lengkap dengan pembenarannya. Jadi bener-bener dikasih tahu salahnya apa, trus diajarin nulis yang bener itu gimana.

Bahasa penyampaian sederhana dan mudah dipahami. Banyak contoh tulisan yang disajikan, jadi nggak cuman sharing teori aja, tapi sekalian ada contoh dan praktek pembenaran kesalahannya.

Di atas saya tulis lengkap banget, mulai dari lima dosa utama, sampai tentang setting, POV, dialog dan lain sebagainya. Buku ini bisa jadi pegangan, semacam kamus, semisal kita khilaf, merasa tulisan kurang pas, bisa buka buku ini, baca bab yang sesuai buat nyari pencerahan.

Ketika membaca bagian Tidak Mampu Memaksimalkan Alur, di halaman 268-269, tentang Tantangan alur bertingkat waktu atau time travel, diberikan salah satu contoh yang kemudian disimpulkan sebagai ada keanehan dalam cerita. Setuju sekali sama penulis dan merasa senasib; sering dibuat bingung sama alur cerita time travel atau perjalanan waktu. Makanya sebisa mungkin menghindari novel, drama atau film dengan genre ini.

Setelah membaca buku ini, jadi semangat untuk belajar menulis lagi. Saya punya motivasi untuk menulis dan sudah seharusnya memupuk semangat untuk memulai lagi. Buku ini benar-benar membantu dan memotivasi, jadi yuk penulis pemula mari baca! Biar kita sadar akan "dosa" yang telah kita lalukan selama proses menulis.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews