Segarnya Timun Suri, Buah Yang Kaya Manfaat Untuk Tubuh

05:05

 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Timun suri atau mentimun suri (Cucumis melo L var reticulatus Naudin) adalah salah satu buah yang identik dengan bulan Ramadan. Karena seringnya buah ini akan banyak dijumpai atau sedang musim saat bulan puasa tiba.

Nama lain dari timun suri adalah barteh, bonteng suri, dan timun betik. Buah endes adalah sebutan timun suri di Lombok. Walau disebut timun, buah ini masuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae) lho! Bukan sejenis sama mentimun (Cucumis sativus). Dari bentuk buah, tampilan, dan rasa, timun suri lebih mirip dengan buah blewah dan melon.

Memiliki tekstur buah yang empuk dan renyah serta rasa manis, timun suri kaya kandungan air. Selain itu juga mengandung vitamin C, serat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, lemak, protein, dan karbohidrat. Kaya kandungan gizi, mengonsumsi timun suri tentu akan memberi banyak manfaat untuk tubuh.


1. Membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Kandungan air dalam buah timun suri cukup tinggi, mengonsumsi buah ini bisa menghilangkan rasa dahaga sekaligus menghidrasi tubuh. Kandungan kalium dalam timun suri dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.


2. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Timun suri mengandung vitamin C yang bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.


3. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain air, timun suri mengandung serat tinggi yang memberi manfaat terjaganya kesehatan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.


4. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan zat besi dalam timun suri dapat mencegah terjadinya anemia. Zat besi adalah komponen penting yang terdapat dalam hemogoblin yang memiliki fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika aliran darah lancar, maka tidak akan terjadi anemia.


5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Timun suri bagus dikonsumsi saat menderita radang gusi atau sakit gigi. Mengonsumsi timun suri dapat meningkatkan produksi air liur yang membuat kondisi pH dalam mulut menjadi netral, efeknya mulut dan gigi jadi sehat.


6. Bagus untuk menu diet

Mengandung air tinggi, kaya serat serta zat penting lainnya termasuk karbohidrat kompleks menjadikan timun suri sebagai buah yang bagus dijadikan sebagai menu diet untuk menurunkan atau menjaga kestabilan berat badan.


7. Bagus untuk kesehatan kulit

Mengandung vitamin C, air, dan serat serta mengandung antioksidan, rajin mengonsumsi timun suri akan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.


8. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Kandungan mineral penting dalam timun suri akan memberi manfaat terjaganya kesehatan rambut dan kuku apabila disertai pola hidup yang baik.


Memiliki rasa manis dan tekstur yang enak saat dikunyah, timun suri akan memberi banyak manfaat untuk tubuh kita. Masih ragu untuk mengonsumsinya?

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews