[BTS] Novel HER

04:42

 Behind The Story (BTS) Lahirnya Novel HER


(Photo by: Teori Kata Publishing)

HER - Kita adalah dua jiwa dalam satu raga.


Bikin tulisan ini dengan rasa campur aduk, terharu juga seneng. Setelah sekian lama, akhirnya bisa kembali membuat tulisan Behind The Story (BTS) kelahiran novel baru. Sungguh, Tuhan, saya amat bersyukur dan bahagia atas kejutan dan berkah yang Kau berikan di awal tahun 2024 ini. Kalau tidak salah ingat, terakhir membuat tulisan BTS pada tahun 2019 ketika buku Aku, GERD-Anxiety dan Adenomiosis terbit. Lalu di tahun 2020 saya hiatus tidak menerbitkan buku karena efek dari pandemi. Wah, nggak terasa itu udah lima tahun yang lalu dan lima tahun kemudian baru bisa membuat tulisan serupa. Gusti, kulo bungah saestu.


Tahun lalu juga mendapat kejutan dari Gusti Allah yaitu cerpen saya lolos untuk dibukukan dalam event ulang tahun Penerbit LovRinz. Hadiah untuk anniversary, sekaligus menjadi langkah awal untuk kembali aktif di dunia menulis. Menyemangati diri sendiri bahwa pasti bisa untuk kembali aktif menulis.


Pada tanggal 17 Januari 2024 sebuah pesan masuk di aplikasi WhatsApp. Pesan dari nomor yang saya simpan dengan nama Kak Tika Teori Kata. Sudah bisa dipastikan jika pesan tersebut berisi informasi event menulis dari Teori Kata Publishing, karena sebelumnya saya sering mendapatkan pesan yang sama. Informasi yang masuk tentang telah dibukanya pendaftaran untuk event PENSI Vol. 7. Seperti biasa, saya membalas pesan tersebut, "Terima kasih infonya, Kak."


Anehnya, setelah membalas pesan tersebut, saya merasa penasaran, PENSI ini sebenernya event seperti apa. Setelah membaca syarat dan ketentuan serta benefit jika bergabung, saya memutuskan untuk mendaftar. Kebetulan sedang revisi naskah HER, jadi baiknya ikut event biar makin semangat.


Tanggal 17 Januari 2024 dapat pesan informasi dan langsung mendaftar, tanggal 18 Januari 2024 mendapat pesan jika saya lolos menjadi peserta. Subhanallah. Alhamdulillah. Seneng banget lolos dan makin semangat revisi. Insyaallah nanti saya buat tulisan sendiri, khusus menceritakan pengalaman ketika mengikuti event PENSI yang digelar Teori Kata Publishing. Biar tulisan BTS ini nggak terlalu panjang.




Singkat cerita, event dimulai dengan Wattpad yang menjadi media untuk menuliskan karya. Selama 25 hari, setiap hari pos satu bab di Wattpad. Setelah event selesai, ada pengumuman naskah lolos terbit dan salah satunya adalah HER. Subhanallah, alhamdulillah. Beneran nggak nyangka HER lolos jadi naskah yang bakalan terbit menjadi buku. Akhirnya punya buku cetak lagi. Heuheuheu.



Setelah proses panjang, akhirnya pada tanggal 30 Maret 2024 saya mendapatkan kabar jika HER sudah selesai cetak dan siap kirim. Akhirnya anakku lahir. Buku pertama setelah hiatus selama 5 tahun. Senangnya!!!


(Photo by: Teori Kata Publishing)

Ketika mulai revisi, saya meminta bantuan Prime Eonni untuk membuat ulang cover HER karena memang mau diterbitkan kembali di Wattpad dan GWP. Cover baru HER seperti ini, yang juga saya gunakan selama mengikuti event hingga kini. Yap, naskah HER masih ada di Wattpad, jadi yang mau baca sebelum beli versi cetaknya, bisa banget. Monggo bisa langsung baca HER versi Wattpad.




Kok diterbitkan kembali?? HER sebenernya udah pernah terbit di Storial dan menjadi naskah yang masuk Storial Premium Chapter--dipinang dan dikontrak oleh Storial untuk jadi naskah premium. Tapi, karena Storial tutup permanen pada pertengahan tahun 2023 lalu, jadilah naskah HER saya tarik dan putus kontrak. Karena waktu itu jumlah pembacanya lumayan di Storial--juga di Wattpad dan GWP sebelum akhirnya saya hapus karena terikat kontrak dengan Storial--saya pun jadi optimis jika diterbitkan ulang di GWP dan Wattpad pasti ada yang baca.


Ketika diskusi soal cover baru, saya sempat nanya ke Prime Eonni, enaknya naskah diunggah kapan, sebelum peringatan 100 hari Bapak atau sesudahnya. Prime Eonni memberi saran sesudahnya aja , agar saya bisa lebih fokus dalam mengerjakan revisi. Saya setuju dan ternyata dapat informasi event dari Kak Tika dan lolos terbit. Setiap naskah pasti akan menemukan jodohnya. Benar sekali, setelah jodoh HER dengan Storial berakhir, dia berjodoh dengan Teori Kata Publishing. Alhamdulillah.



HER terbit dengan cover yang dibuatin tim Teori Kata Publishing. Cakep, kan? Cakep dong! Hehehe.



Bookmark-nya juga keren kan?? Keren banget!!!



Dapat sertifikat juga. Sungguh, nikmat Tuhan mana yang kau dustakan?




Kejutan dari Gusti Allah nggak berhenti sampai pada HER terbit versi buku. Rezeki HER menang menjadi novel Juara Harapan Kedua di event PENSI Vol. 7 yang berhadiah uang tunai. Alhamdulillah lagi dan lagi.



Kejutan lainnya, HER dibawa jalan-jalan ke Swiss sama salah satu pengasuh barunya. Subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar! Matur nuwun, Gusti, sudah memberikan hamba kebahagiaan bertubi-tubi.



Yang minat adopsi novel HER bisa langsung klik link Shopee ini ya! Insyaallah dapat gratis ongkir dan diskon/cashback. Sekian behind the story lahirnya novel HER. Mohon maaf jika ada salah kata. Terim kasih.

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews