Review Film Korea Alienoid (2022)

06:12

 Alienoid



Invasi alien yang akan menjadikan bumi sebagai tempat tinggal baru bagi mereka


• Judul:

  - Global:  Alienoid

  - Literal: Alien

  - Romanisasi: Wegye+In 1Bu

  - Hangul: 외계+인 1부

• Sutradara: Choi Dong Hoon

• Penulis: Choi Dong Hoon

• Sinematografer: Kim Tae Kyeong

• Tanggal rilis: 20 Juli 2022

• Durasi: 142 menit

• Genre: Sci-Fi, aksi, fantasi

• Distributor: CJ Entertainment

• Bahasa: Korea

• Negara: Korea Selatan

• Pemeran:

  - Ryoo Joon Yeol: Mu Reuk

  - Kim Woo Bin: Guard & Thunder

  - Kim Tae Ri: Yi An

  - So Ji Sub: Mun Do Seok

  - Yum Jung Ah: Heuk Seol

  - Jo Woo Jin : Chung Woon

  - Shin Jung Keun: Woo Wang

  - Lee Si Hoon: Jwa Wang

  - Choi Yoo Ri: Yi An kecil

  - Kim Eui Sung: Ja Jang & dokter

  - Lee Ha Nee: Min Gae In


Pada zaman Dinasti Goryeo, sebuah perkumpulan penganut Tao mengejar Pisau Ilahi hingga membuat sayembara. Di masa depan, alien menginvasi bumi, hendak menjadikan bumi sebagai hunian baru bagi mereka. Kekacauan pun terjadi. Jika para Penjaga tidak bisa menghalau, maka manusia akan musnah dan bumi menjadi tempat hidup baru bagi para alien.


MANA BAGIAN KEDUANYA!!! Auto ada teriakan itu di kepala waktu kelar nonton filmnya. Film ini KEREN BANGET!!! Sepanjang nonton film Korea yang ceritanya perjalanan waktu, baru film ini yang membuat saya nggak sampai mumet mikirin teorinya dan antusias banget dari awal nonton sampai akhir. Waktu 142 menit kayak cepet banget habisnya trus, pengen lanjut nonton ke bagian dua. Sayangnya bagian dua belum rilis ya. Mari kita tunggu!

Seperti judulnya yang mengandung kata alien, film ini mengisahkan tentang alien. Sebenernya nggak beda jauh ama film alien yang pernah saya tonton yaitu aliennya ke bumi. Tapi ini dikemas dengan cara berbeda tanpa mengesampingkan teori-teori tentang alien yang pernah saya baca atau tonton di film seperti alien nggak bisa tahan ama atmosfer bumi makanya butuh inang buat bertahan. Uniknya, di film ini, para alien ke bumi untuk menjadikan manusia sebagai penjara bagi penjahat-penjahat di planet mereka. Penjaranya adalah pikiran atau otak manusia. Ngeri banget kan! Jadi di tahanan dimasukkan ke dalam otak manusia, lalu ntar kalau penjaranya mati, maka si tahanan bakalan ikut mati. Ngumpat beneran dah! Ngapain sih ya alien selalu usil sama manusia kayak gitu di kebanyakan filmnya! Heuheuheu.


Nah, karena manusia di bumi dijadikan penjara, maka ada Guard yang ditugaskan untuk mengawasi para tahanan. Guard di sini diperankan Kim Woo Bin. Dalam misinya, Guard ditemani mobil dan sebuah robot program bernama Thunder yang bisa berubah wujud menyerupai Guard. Suer mereka ini keren banget! Mobilnya bisa membuka portal waktu untuk kembali ke masa lalu dan si Thunder itu macem cenayang. Uniknya Thunder bisa memvisualisasikan tiga penampilan menyerupai Guard dengan karakter yang berbeda. Paling keren emang si Guard. Kalau udah berubah ke wujud aslinya juga keren banget.


Adegan pembuka udah disuguhi aksi orang-orang bertopeng melawan alien yang merasuki tubuh seorang wanita. Kemudian Guard dan Thunder muncul untuk membasmi. Walau dipenjara ke di dalam otak manusia, beberapa tahanan bisa kabur dan menguasai tubuh manusia. Tugas Guard adalah menangkap para tahanan yang kabur. Kaburnya nggak hanya di masa sekarang, tapi sampai ke masa lalu.

Menyajikan adegan perjalanan waktu yang bikin penonton nggak bingung bahkan nggak nyadar kalau semuanya saling berhubungan. Awalnya saya mengira ada dua kisah yaitu di masa lalu dan di masa sekarang, nah hanya Guard yang menjadi kunci dalam cerita. Ternyata salah dong! Plot twist-nya keren!!! Bener-bener nggak terduga. Di awal-awal adegan diberi penjelasan tahun kejadian, jadi nggak bikin bingung.


Di masa lalu ada seorang Dosa--ini saya kurang paham, tapi mungkin sama dengan penyihir--bernama Mu Reuk (Ryoo Joon Yeol) yang terkenal di kalangan masyarakat. Ia pemburu hadiah dengan cara menangkap para pencuri yang kabur. Senjata utamanya adalah kipas dan ia punya dua rekan kucing yang bisa berubah wujud jadi manusia bernama Woo Wang (Shin Jung Keun) dan Jwa Wang (Lee Si Hoon). Ketiganya selalu kompak dan hampir tidak ada misi yang gagal.


Suatu hari, setelah menangkap pencuri, Mu Reuk melihat ada sayembara berhadiah besar untuk menemukan sebuah pisau. Tertarik akan hadiahnya, bersama Woo Wang dan Jwa Wang, ia merencakan untuk mencari pisau itu. Demi suksesnya misi, Mu Reuk menyamar sebagai pengantin pria dan kemudian menikahi seorang gadis cantik yang belakangan ia ketahui ternyata juga pengantin palsu. Gadis bernama Yi An (Kim Tae Ri) memiliki misi yang sama dengan Mu Reuk yaitu mencari pisau yang ada dalam sayembara.


Di hari pernikahan, rumah mempelai didatangi sepasang penyihir  Heuk Seol (Yum Jung Ah) dan Chung Woon (Jo Woo Jin) yang juga mengincar pisau yang sama. Bahkan keduanya membawa pasukan bertopeng yang memiliki kemampuan bela diri dan ilmu sihir yang mumpuni.


Masing-masing karakter unik dan kuat. Walau di awal kisahnya kayak berbeda-beda, tapi memiliki tujuan yang sama yaitu memburu Pisau Ilahi. Otak dari perburuan ternyata seorang pimpinan penganut Tao, Ja Jang (Kim Eui Sung).


Setiap karakter membawa cerita masing-masing, bagai puzzle yang kemudian tersusun menjadi rapi. Asli keren!!! Tindakan para alien bikin mangkel aja. Seenak jidatnya mempermainkan manusia. Dibanding Guard, Thunder yang boleh dibilang hanya robot malah lebih berperasaan. Jadi keinget ama Iko dari novel Cinder.


Selain cerita dan visualisasi film yang apik, pemeran film ini adalah bintang-bintang papan atas Korea. Ada So Ji Sub yang memerankan polisi bernama Mun Do Seok. Nyesek banget karena beliau ini orang baik, tapi pikirannya diambil alih sama alien yang dipenjara didalam otaknya.


Guard walau keren, sama aja nyebelinnya. Nyesek pas adegan battle sampai bikin kota hancur. Itu manusia pada dikorbanin ama para alien. Tapi, di masa sekarang, Guard punya seorang anak manusia karena ulah Thunder. Namanya Yi An (Choi Yoo Ri). Kok Yi An juga? Tonton aja makanya. Hehehe.



Yang bikin penasaran adalah karakter yang diperankan Honey Lee (Lee Ha Nee) yang tak lain adalah bibi dari teman dekat Yi An. Min Gae In naksir berat ama bapaknya Yi An, tanpa tahu bapaknya Yi An adalah alien. Tapi di jelang ending, karakter ini ada di rumah tempat tinggal Guard dan sempat melihat portal waktu yang membawa ke masa lalu. Siapakah beliau ini.


Aksinya dapet, ada bumbu humor, ada kisah yang menghangatkan hati plus bikin sebel dan deg-degan juga. Yi An kayak ngeselin, tapi sayang banget ke appa-nya, walau appa-nya selalu bersikap dingin. Adegan gelutnya juga keren banget.



Momen menghibur saat Thunder disuruh jemput Yi An lalu yang disuruh keluar yang pakek baju pink ini. Kim Woo Bin meranin empat karakter sekaligus. Keren!


Visualisasi tampilan aliennya juga mirip ama gambaran alien yang selama ini saya tahu. Kepala agak lonjong dan ada tentakel. Trus ada yang tampilannya kayak robot. Apik!



Film alien dan perjalanan waktu yang nggak bikin trauma buat nonton, malah ngarep bagian kedua segera dirilis. Sihir kuno disandingkan dengan kemajuan teknologi dari dunia alien. Udah pokoknya keren. Alur cerita keren! Plot twist-nya keren! Wajib ditonton!

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: AsianWiki & Hancinema.


Tempurung kura-kura, 06 April 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews