Review Film Cina Real and Fake Ji Gong (2023)

05:41

Real and Fake Ji Gong



Munculnya dua Dewa Ji Gong saat dunia mengalami huru-hara, membuat manusia bingung menentukan yang mana yang asli.


• Judul:

  - Global: Real and Fake Ji Gong

  - Cina: 真假济公

  - Judul lain: Zhen Jia Ji Gong, Zhēn Jiǎ Jì Gōng

• Tanggal rilis: 5 Februari 2023

• Durasi: 80 menit

• Bahasa: Cina

• Negara: Cina

• Pemeran:

  - Benny Chan

  - Fang Ziyi

  - Ying Batu

  - Zhang Zilu

  - Qiao Yaona

  - Black Zeng


Ji Gong adalah seorang biksu yang berpenampilan seperti pengemis. Ia sangat piawai dalam membasmi siluman. Setelah membasmi siluman naga hitam yang keji, Ji Gong bertapa untuk menjadi dewa. 20 tahun kemudian kembali terjadi kekacauan, manusia mencari keberadaan Ji Gong untuk meminta bantuan. Namun, tiba-tiba muncul dua Ji Gong dengan penampilan yang sama persis. Manusia pun bingung, tak bisa membedakan mana yang asli dan palsu.


Waktu liat posternya, langsung penasaran. Kayaknya ini film seru. Setelah baca sinopsisnya, makin penasaran. Film Cina, kolosal, dan bertema siluman, pasti seru! Nonton deh akhirnya!


Ji Gong (Benny Chan) biksu sakti namun penampilannya lusuh bak pengemis berhasil menyelamatkan manusia dari ancaman Siluman Naga Hitam.


Ji Gong sengaja tak membunuh Siluman Naga Merah, adik dari Siluman Naga Hitam bermaksud memberi kesempatan agar mau bertobat.


Ji Gong bertapa untuk menjadi dewa. 20 tahun berlalu, dunia kembali mengalami kekacauan. Manusia sibuk mencari Ji Gong untuk meminta bantuan. Saat Ji Gong kembali ke desa, muncul arak-arakan yang membawa Dewa Ji Gong. Warga pun bingung karena ada dua Dewa Ji Gong dengan penampilan yang sama persis. Warga pun bingung dan pertarungan antara dua Dewa Ji Gong tidak bisa dihindari.


Film kolosal Cina selalu memiliki daya tarik tersendiri, apalagi kalau fantasi, udah ngarep-ngarep bakalan apik visualisasinya. Pun demikian dengan film ini, visualisasinya keren banget untuk wujud naganya. Sangar dan garang, apalagi yang warna hitam. Serem!

Menurut Wikipedia, Ji Gong adalah legenda dalam budaya Tiongkok dan juga Dewa dalam agama masyarakat Tiongkok kuno. Dalam film ini, Ji Gong adalah biksu yang mengonsumsi arak dan makan daging, digambarkan sesuai sejarah tentang karakter asli Ji Gong. Seenaknya sendiri dan nggak terlalu terikat sama aturan Budha. Memiliki ilmu yang mumpuni dan digunakan untuk menolong warga dan melawan ketidakadilan.

Dendam kesumat dan urusan di masa lalu yang belum selesai. Sebenernya udah bisa ditebak waktu Ji Gong milih lepasin Siluman Naga Merah daripada membunuhnya. Keputusan itu bakalan jadi bom waktu, dan beneran, 20 tahun kemudian kembali terjadi kekacauan. Ji Gong yang lagi bertapa dan kekuatannya hanya tersisa 10% persen saja harus membuat pilihan sulit; tetap di gunung dan melanjutkan bertapa atau turun gunung untuk membantu manusia. Dasarnya Ji Gong emang baik, memilih untuk turun gunung walau risikonya beliau nggak akan bisa jadi dewa.

Hanya ada satu jenis siluman dalam film ini yaitu ular. Ularnya ada ular naga dan ular lainnya. Siluman ular penuh tipu muslihat, pandai bersilat lidah untuk menghasut demi mendapatkan apa yang diinginkan.

Asli Siluman Naga Merah ngeselin. Udah dikasih kesempatan buat tobat, udah ditolongin juga, malah makin menjadi. Ngeselinnya memanfaatkan siluman baik hati yang udah nolongin dia, nyelamatin hidupnya. Itu kenapa Ji Gong selalu bilang, "Aku percaya kamu orang baik," ke siluman campuran naga dan ular (?). Karena emang nggak semua siluman itu berhati jahat.


Di awal emang agak ngebosenin, karena apa ya kayak udah klise gitu. Tapi, jadi seru saat muncul Dewa  Ji Gong yang lain saat Dewa Ji Gong asli turun gunung untuk membantu manusia. Nebak apa ntar yang asli bakalan banyak dirugikan, ternyata plot twist banget. Ya emang dirugikan dan sempet bikin kesel, tapi plot twist-nya apik walau udah ketebak juga.

Suka ama karakter Inspektur. Saat semua manusia meragukan Dewa Ji Gong asli, dia tetep setia membantu demi menyelamatkan warga. Udah tahu inspekturnya cewek, cantik pula, tapi setuju ama Dewa Ji Gong; lebih suka liat Inspektur dadan ala cowok.



Kejutan tentang Dewa Ji Gong yang punya banyak wujud paling keren! Mengajarkan bahwa bukan penampilan yang utama, tapi bagaimana hati memercayai dan meyakini keberadaannya. Plus, jangan menilai seseorang dari tampilan luarnya aja karena sampul bisa menipu. Dan, kalau niat berbuat baik nggak usah berharap penilaian manusia karena itu bersifat sementara.


Film ini apik, menghibur dan jalan ceritanya ringan. Kalau dari segi visualisasi emang kayak masih ada kurangnya, tapi tetep apik. Akting aktor dan aktrisnya juga apik.

Sekian ulasan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Sumber poster: My Drama List.


Tempurung kura-kura, 23 April 2023.

- Kurayui -

You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews