Top 5 Keluhan Yang Sering Dirasakan Oleh Penderita GERD

18:37


Top 5 Keluhan Yang Sering Dirasakan Oleh Penderita GERD



Ada 5 jenis keluhan yang sering saya dengar bahkan dulu juga saya alami ketika GERD masih parah. Apa saja itu? Di sini saya bahas beserta solusi yang dulu saya dapatkan dan kemudian saya terapkan untuk mengatasi keluhan.

Welcome to my curious way!

Apa kabar shi-gUi? Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, diberi kelimpahan berkah berupa kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin....

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang lima keluhan yang paling sering dikeluhkan oleh pejuang GERD. Kelimanya sudah saya bahas juga di buku saya yang berjudul Aku, GERD-Anxiety, dan Adenomiosis. Bukunya bisa dipesan langsung di saya atau lewat Penerbit Pena Borneo.

Apa sajakah top 5 keluhan yang sering dirasakan oleh penderita GERD? Mari kita bahas satu-satu.


1. Keluhan THT

Yang pertama adalah keluhan THT atau telinga, hidung, tenggorokan. Biasanya penderita akan sering mengeluh telinga berdengung/berdenging, hidung tersumbat seperti pilek, dan tenggorokan berlendir.

Hal ini wajar terjadi karena GERD mengganggu sistem keseimbangan dalam tubuh hingga sering muncul keluhan telinga berdengung/berdenging. Ketika asam lambung naik karena GERD, hal itu dapat memengaruhi tenggorokan dan saluran napas (hidung) hingga tenggorokan terasa seperti berlendir dan hidung tersumbat.

Cara mengatasinya bagaimana? Perbanyak minum air putih. Di pagi hari saat perut masih kosong, meminum dua gelas air hangat dapat membantu meringankan keluhan THT karena GERD. Hindari minum minuman dingin atau es, karena ini bisa memperburuk keluhan. Konsumsi jahe hangat juga bisa membantu mengatasi keluhan.


2. Perut Kembung

Keluhan kedua yang sering dirasakan penderita GERD adalah perut sering kembung. Hal ini disebabkan karena kelebihan gas di dalam lambung hingga menyebabkan perut kembung.

Minum jahe hangat plus madu juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi perut kembung. Selain itu ada terapi jalan jinjit yang juga bisa diterapkan untuk mengatasi perut kembung. Berikut 7 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Tanpa Obat


3. Rambut rontok

Penderita GERD mengalami penurunan pada fungsi penyerapan nutrisi penting dari makanan. Hal ini lah yang menjadi penyebab terjadinya rambut rontok. Mengatasi rambut rontok bisa dengan menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut.


4. Kliyengan

Salah satu sensasi yang dirasakan oleh sejuta umat penderita GERD adalah kliyengan atau badan oleng seolah sedang berada di atas kapal laut. Kliyengan juga merupakan sensasi yang rata-rata nemploknya paling lama. Selain itu, pada penderita GERD yang sudah pada fase hampir sembuh, kebanyakan akan mengalami kliyengan.

Kliyengan juga bisa disebabkan oleh penurunan kemampuan saluran cerna menyerap nutrisi dengan baik. Selain itu bisa juga disebabkan oleh tekanan darah baik itu rendah atau tinggi. Baiknya memang dicari dahulu penyebabnya apa. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan tensi untuk cek tekanan darah.

Salah satu terapi yang bisa dicoba adalah jalan mundur. Pada saya jalan mundur sangat efektif membantu menghilangkan keluhan kliyengan.


5. Tipes/Tifus

Beberapa penderita GERD mengeluhkan jika mereka juga divonis tifus. Hal ini masih berhubungan dengan menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan hingga menyebabkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh ikut menurun hingga tubuh menjadi rentan sakit salah satunya yang paling umum adalah sakit tifus.

Untuk pengobatan tifus bisa dipercayakan pada dokter. Bisa juga didukung dengan cara alami. Berikut salah satu cara alami untuk sembuh dari tifus yaitu Sembuh Dari Tifus Dengan Labu Cina.

Nah, itu tadi lima keluhan yang paling sering dikeluhkan oleh penderita GERD. Silahlan tonton video Top 5 Keluhan Penderita GERD

Semangat terus teman-teman yang saat ini sedang berjuang melawan GERD dan Anxiety. Sabar, ikhlas, dan disiplin. Insyaa Allah kita pasti sembuh!

Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Tempurung kura-kura, 30 April 2020.
- Kurayui -


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews